FOTO Eksotik Perayaan Maha Shivratri di India

Perayaan Ulang Tahun Dewa Siwa
Sumber :
  • REUTERS/ Danish Siddiqui

VIVAnews - Maha Shivratri menjadi perayaan yang penting bagi umat Hindu di India setiap tahunnya untuk menghormati Dewa Siwa. Ada banyak legenda di balik perayaan ini.

Dikutip dari iloveindia.com, salah satu legenda yang paling terkenal di balik perayaan ini adalah hari pernikahan Dewa Siwa--salah satu dewa pembentuk Trinitas--dengan Parvati. Umat Hindu juga percaya Dewa Siwa melakukan 'Tandava', tarian pelestarian, penciptaan, dan juga kehancuran di malam keberuntungan, Shivaratri.

Umat Hindu juga percaya Maha Shivratri sebagai hari lahir Sang Dewa. Berbagai cara dilakukan pemuja Dewa Siwa untuk memeriahkan dan merayakan Maha Shivratri. Dalam satu jepretan foto, tergambar sekelompok anak yang sedang bersiap-siap untuk menampilkan tarian tradisional. Klik fotonya di tautan ini.

Biasanya, penganut Hindu akan melakukan ritual sejak pagi hari dengan membersihkan diri, jika memungkinkan ke Sungai Gangga. Setelah mengenakan pakaian bersih, mereka mengunjungi candi Siwa terdekat untuk memberikan ritual mandi pada Lingum Shiva dengan susu, air madu, dan sebagainya.

Ibadah terus berlanjut hingga malam dengan menyanyikan lagu-lagu pemujaan untuk Dewa Siwa.

Komentar Calon Kiper Timnas Indonesia Usai Bawa Inter Milan Sabet Scudetto
Ketua DPRD Klungkung

Ketua DPRD Sebut Pemkab Klungkung Komitmen Tangani Kerusakan Jalan di Nusa Penida

Klungkung tercatat memiliki jalan kabupaten sepanjang 464 kilometer. Dari jumlah tersebut, sekitar 367,5 kilometer dalam kondisi baik, rusak sedang 34 KM dan lainnya lagi

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024