Jurnalis India dan Keluarganya Diduga Dibunuh

Polisi India berupaya masuk kuil di Kota Thiruvananthapuram
Sumber :
  • REUTERS/Danish Siddiqui

VIVAnews - Publik suatu negara bagian di India bagian tengah terkejut atas kematian seorang jurnalis senior bersama keluarganya secara brutal. Peristiwa ini berlangsung di distrik Umaria, Madhya Pradesh.

Polisi setempat masih menyelidiki kematian jurnalis bernama Chandrika Rai bersama keluarganya. Namun muncul dugaan mereka dibunuh terkait artikel yang ditulis almarhum. Kematian ini juga mendapat perhatian organisasi pers mancanegara.

Federasi Jurnalis Internasional (IFJ), Selasa 21 Februari 2012, mengungkapkan bahwa tubuh jurnalis berusia 43 tahun ini ditemukan sudah terbujur kaku di rumahnya pada Sabtu pekan lalu. Istri, putra dan putri Rai juga ditemukan tewas di ruangan lain rumah itu. Semua tubuh mereka terdapat luka akibat senjata tajam. 

Kalangan media massa di Negeri Bollywood itu berspekulasi tentang penyebab kematian Rai. Ada yang menduga Rai menjadi sasaran balas dendam sejumlah pihak yang terkait dalam penambangan batu bara lokal setelah almarhum menulis berita tentang aktivitas ilegal dalam perdagangan sumber daya alam itu.

Namun, ada pula yang mencurigai pembunuhan Rai terkait penculikan putra seorang pejabat pemerintah. Sebelumnya, Rai menyampaikan rasa skeptis terhadap klaim polisi yang berhasil menyelamatkan bocah tersebut tanpa memberi tebusan. Kabar ini memicu kemarahan sindikat penculik di negara bagian Madhya Pradesh.

IFJ berduka atas kematian Rai. Dia dianggap sosok jurnalis pemberani yang sering menulis artikel untuk sejumlah surat kabar di Bhopal, ibukota Madhya Pradesh. "Kekerasan terhadap jurnalis, apapun motifnya, pasti memiliki efek mengerikan untuk kelangsungan jurnalisme investigasi yang baik bagi kepentingan publik," kata IFJ Asia Pasifik dalam sebuah pernyataan.

Mewakili lebih dari 600.000 jurnalis di 131 negara, IFJ meminta pihak berwenang di Madhya Pradesh agar menyelidiki kasus pembunuhan Chandrika Rai hingga tuntas serta memastikan pelaku mendapat hukuman yang setimpal.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024