Dilarang Serang Iran, Israel Jengkel

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • REUTERS

VIVAnews - Pemerintah Israel memprotes pernyataan Amerika Serikat yang melarang mereka menyerang Iran. Menurut Israel, pernyataan AS tersebut hanya menguntungkan Iran dan program nuklirnya.

Seperti diberitakan Haaretz, Selasa 21 Februari 2012, protes disampaikan oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu terkait pernyataan dari Jenderal Martin Dempsey, Kepala Staf Gabungan Militer AS dalam wawancaranya dengan CNN, Minggu lalu.

Dalam wawancara tersebut, Dempsey berkata, "Saya kira bukanlah langkah bijak jika saat ini Israel melancarkan serangan militer ke Iran." Menurutnya, serangan itu bukannya menyumbang pada perdamaian, malah akan menimbulkan ketidakstabilan.

Menurut Dempsey juga, AS telah berusaha membujuk Israel untuk tidak menyerang Iran, namun tidak didengarkan. Selain itu, Netanyahu juga menyatakan protesnya soal rencana serangan Israel ke Iran yang dibeberkan para petinggi militer AS.

Salah satunya adalah yang ditayangkan di NBC dua minggu lalu. Seorang petinggi militer AS mengatakan bahwa Israel akan serang Iran menggunakan rudal Jericho, kekuatan komando dan pesawat tempur F-151. Protes Netanyahu ini disampaikan kepada Tom Donilon, Penasehat Keamanan Nasional AS, dalam kunjungannya ke Israel minggu ini.

"Kami katakan kepada Donilon bahwa semua pernyataan itu hanya menguntungkan Iran. Negara itu akan melihat ada kontroversi antara AS dan Israel, dan mengira Amerika menolak aksi militer. Hal ini akan mengurangi tekanan kepada mereka," kata salah seorang pejabat tinggi Israel.

Rencana serangan atas Iran oleh Israel ramai diberitakan pasca laporan IAEA tahun lalu, yang mengatakan bahwa Iran tengah membuat senjata nuklir. Rencana ini ditentang oleh AS dan sekutunya, Inggris.

Menanggapi kemungkinan serangan dari Israel, Iran sejak kemarin menggelar latihan militer dengan skenario melindungi fasilitas nuklir dari serangan udara. (eh)

Suci Winata Istri Ke-4 Ari Sigit Melahirkan Cicit Soeharto
Ilustrasi nyamuk.

Health Minister Conveys How to Handle Arbovirus Disease

Indonesian Health Minister Budi Gunadi Sadikin stated that there are several ways to handle arbovirus diseases, which are transmitted through insect vectors such as mosqu

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024