Kebakaran LP Honduras Diduga Akibat Rokok

Kebakaran di Penjara Honduras
Sumber :
  • REUTERS/ Stringer

VIVAnews - Faktor kecelakaan diduga menjadi penyebab terbakarnya penjara Comayagua, Honduras yang menewaskan lebih dari 360 orang pekan lalu. Kini setelah penyidikan berjalan, puntung rokok diperkirakan menjadi penyebab munculnya api.

"Para penyidik mendapatkan keterangan dari beberapa saksi bahwa ada satu tahanan yang tertidur saat sedang merokok," kata kepala penyidik Luis Alberto Rubi seperti diberitakan BBC, Selasa 21 Februari 2012. Temuan ini juga didukung oleh Biro Alkohol, Tembakau, Senjata Api, dan Peledak Amerika Serikat yang turut membantu penyidikan.

Untuk memastikan penyebab insiden, Rubi memang meminta bantuan ahli forensik mancanegara. Hasilnya, temuan-temuan baru bermunculan, termasuk nihilnya luka tembak pada 277 jenazah tahanan yang sudah diotopsi.

Penjara Comayagua yang terletak di utara ibukota Tegucigalpa terbakar pada 14 Februari pukul 23.00 waktu setempat. Banyak tahanan yang terkurung saat api mulai membesar karena pemadam kebakaran kesulitan menemukan penjaga yang memiliki kunci penjara.

Presiden Honduras Porfirio Lobo menginstruksikan investigasi yang transparan dan menyeluruh terhadap insiden. Pihak berwenang juga dihimbau untuk melakukan reformasi terhadap sistem penjara Honduras.

Penjara di Honduras memang dikenal sesak, akibat banyaknya kejahatan yang terjadi di negara tersebut. Mulai dari kekerasan geng jalanan, peredaran narkotika menjadi sesuatu yang nyaris umum di sana. (ren)

Terpopuler: Ayu Ting Ting Bagi-bagi THR, Sederet Artis yang Meninggal di Bulan Ramadhan 2024
Ekspresi kecewa pemain Liverpool

Hasil Lengkap Liga Europa: AC Milan Keok, Liverpool Hancur Lebur

AC Milan harus mengalami kekalahan dari sesama wakil Italia AS Roma. Rossoneri takluk 0-1 di San Siro gegara gol Gianluca Mancini di menit 17. Liverpool dihajar Atalanta.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024