Protes Pembakaran Quran di Afganistan Rusuh

Kerusuhan di Afganistan pasca pembakaran Quran oleh tentara NATO
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ismail

VIVAnews - Kerusuhan dan bentrokan terjadi di ibukota Afghanistan, Kabul, menyusul pembakaran Al-Quran oleh tentara Amerika Serikat di bawah NATO. Kedutaan Besar AS menutup rapat-rapat gerbang mereka, khawatir menjadi sasaran amuk massa.

Seperti diberitakan Reuters, Rabu 22 Februari 2012, beberapa orang dilaporkan terluka akibat tembakan aparat. Belum diketahui jumlah persis orang yang terluka. Ribuan massa yang marah merangsek ke barikade polisi, menghancurkan kaca-kaca mobil dan melakukan pembakaran.

Polisi menembakkan meriam air ke massa yang menutup jalan utama. Tidak hanya di Kabul, protes pembakaran Quran juga terjadi di kota Jalalabad dan Herat. Massa di kota-kota ini mengutuk insiden tersebut dan meneriakkan yel-yel anti Amerika. "Mati saja Amerika," teriak mereka di jalan.

"Jika Amerika menghina kami hingga seperti ini, kami akan bergabung dengan pemberontak," kata salah seorang demonstran, Ajmal, 18.

Usai Jadi Tersangka Kasus Narkoba, Chandrika Chika Ternyata Positif Metafetamin Juga

Pada demonstrasi di Jalalabad, massa meneriakkan nama pemimpin Taliban, Mullah Mohammad Omar. "Panjang umum Mullah Omar," kata mereka.

Gelombang protes dikhawatirkan membuat dukungan masyarakat terhadap Taliban semakin bertambah. Padahal, tentara AS yang akan segera ditarik dari negara tersebut, setengah mati mencoba menghilangkan pengaruh Taliban di Afganistan. Peristiwa kemarin menghancurkan semua usaha mereka.

Kedubes AS di Kabul mengunci kantor dari dalam dan tidak memperbolehkan para staf keluar. Pasukan berjaga di depan kedubes. "Kedubes dikunci, semua perjalanan dibatalkan. Semuanya, mohon berhati-hati di luar sana," kata Kedubes dalam akun Twitternya.

Pemerintah AS dan NATO sebelumnya telah menyatakan permintaan maafnya terkait pembakaran Quran di pangkalan udara tentara gabungan internasional di Bagram. NATO mengatakan, peristiwa itu tidak disengaja dan tidak bermaksud menghina. (eh)

Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Terbongkar! Atlet e-Sport Terlibat Kasus Narkoba Liquid Ganja Bareng Chandrika Chika

Rezka menuturkan selain Selebgram Chandrika Chika ada salah satu atlet e-Sports yakni bernama Aura Jiexy alias AJ. Selanjutnya, ada juga inisial AT, MJ, AMO, BB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024