Taliban Tembak Jatuh Pesawat Mata-mata AS

Pesawat mata-mata nirawak milik militer AS
Sumber :
  • REUTERS/Massoud Hossaini/Pool/Files

VIVAnews - Sebuah pesawat mata-mata Amerika Serikat jatuh di Waziristan Utara, tak jauh dari perbatasan Pakistan, Sabtu 25 Februari 2012. Menurut intelijen setempat, pesawat mata-mata itu ditembak oleh militan Taliban.

Laman Reuters melaporkan, militan Taliban yang dipimpin oleh Hafiz Gul Bahadur sedang mengumpulkan puing-puing pesawat tersebut. Mereka akan menampilkan fotonya di media massa pada Minggu 26 Februari 2012 ini.

"Pesawat mata-mata itu terbang rendah di Machikhel dan pejuang kami menembak jatuh pesawat itu," ujar komandan Taliban setempat sebagaimana dikutip Reuters. "Kami telah melatih pasukan untuk melakukan pekerjaan ini."

Sementara itu, pejabat AS membantah Taliban telah menembak pesawat mata-mata mereka. Mereka juga tidak berkomentar lebih lanjut. Sementara itu, CIA yang mengoperasikan pesawat mata-mata juga menolak berkomentar.

Sedangkan, pejabat keamanan Pakistan mengaku tak mengetahui penyebab jatuhnya pesawat mata-mata itu. "Pesawat mata-mata itu jatuh di Machikhel dan terbakar," ujar pejabat intelijen Pakistan. "Kami tidak tahu penyebab jatuhnya pesawat itu."

Pejabat Pakistan lainnya mengatakan pesawat mata-mata itu jatuh di wilayah yang dikuasi oleh Taliban, atau terletak sekitar 30 kilometer dari perbatasan Afganistan. (adi)

PLN Indonesia Power Siapkan Ragam Listrik EBT untuk Kebutuhan 35 Tahun ke Depan
Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Jokowi Ungkap Ketakutan Negara Dunia Saat Ini, Wamenkeu Bicara Dampaknya ke RI

Wakil Menteri Keuangan Suahasil mengatakan, kedua hal yang ditakutkan sebagaimana disebut Presiden Jokowi itu kemungkinan bisa berdampak ke Indonesia...

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024