Warga Afganistan Bunuh Dua Tentara NATO

Protes pembakaran Quran di Afganistan
Sumber :
  • REUTERS/Mohammad Ismail

VIVAnews - Dua tentara NATO tewas ditembak oleh dua warga Afganistan. Seorang pelaku mengenakan seragam tentara Afganistan, sementara satunya lagi mengenakan pakaian sipil.

Dilansir kantor berita Reuters, Kamis 1 Maret 2012, dua pelaku kemudian tewas di tangan pasukan koalisi. "Ada dua orang yang menggunakan senjata mereka secara membabi buta pada pasukan kami dan pasukan pengamanan Afganistan," kata Kapten Justin Brockhoff, juru bicara pasukan.

Sebelumnya, dua petugas senior AS ditembak di Kementerian Dalam Negeri Afganistan pada Sabtu pekan lalu. Pihak berwenang Afganistan menyebutkan, mereka diduga ditembak oleh petugas intel polisi.

Setidaknya lima tentara NATO meregang nyawa di Afganistan paska insiden pembakaran Al-Quran di salah satu pangkalan NATO di Bagram. Protes besar-besaran atas insiden ini di Afganistan berlangsung ricuh saat massa melakukan pembakaran dan melempari markas NATO.

Total, sudah 70 anggota NATO yang terbunuh dalam 42 serangan sejak Mei 2007 hingga Januari 2012.

Insiden ini juga sekaligus menimbulkan pertanyaan tentang efektivitas strategi NATO mengganti unit tempur mereka dengan penasehat militer. Inggris, Jerman, dan Kanada diketahui telah mengikuti langkah NATO menarik penasehat militer mereka dari kementerian di Afganistan.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024