Nikmatnya Soes Isi Es Krim Kecap di Jepang

Kue Soes
Sumber :
  • VIVAnews/ A. Rizaluddin

VIVAnews - Kecap saat ini tidak lagi hanya menjadi teman makan soeshi atau mie di Jepang. Sebuah perusahaan di negara ini menciptakan kecap berbentuk es krim, untuk isian di dalam kue soes.

Diberitakan Reuters, Kamis 2 Agustus 2012, kue soes rasa kecap es krim ini cocok untuk melewati musim panas di Jepang. Penciptanya, perusahaan makanan Hirota, mengatakan bahwa sebagian hasil penjualan soes kecap ini akan disumbangkan bagi kota korban tsunami.

Untuk membuat soes ini, Hirota bekerja sama dengan perusahaan kecap Yamani Soy Sauce Co di kota Rikuzentakata, salah satu kota yang rata disapu gelombang tsunami. Walaupun terlihat seperti es krim vanila, namun rasa kecap yang asin dan aroma kedelai sangat terasa.

"Rasa soes ini campuran dari kecap dan es krim, rasa yang seimbang antara asin kecap dan manis es krim, sangat cocok untuk musim panas," kata Kunihiko Shirokawa dari Hirota.

Kolaborasi Hirota dan Yamani digagas oleh perusahaan konsultasi asal Tokyo Big Apple. Kepala perusahaan ini Seki Kinya, mengatakan bahwa ide ini terinspirasi oleh upaya relawan untuk membersihkan dan menggalang dana bagi kota yang terkena tsunami.

Kue soesnya sendiri dapat dinikmati dengan harga 150 yen (Rp18.000) per buahnya. Jika ingin menambah isian es krim kecap, pembeli harus merogoh kocek 250 yen (Rp30.000) lagi. Sebagian penjualan akan disumbangkan untuk upaya pemulihan kota.

Selain itu, diharapkan soes kecap ini merevitalisasi bisnis lokal di kota tersebut dan menciptakan lapangan pekerjaan.

Profil Francois Letexier, Wasit Kontroversial di Laga Timnas Indonesia vs Guinea U-23
Prabowo Subianto hadiri acara PAN di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

Prabowo : Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024