Penembak Umat Sikh Adalah Anggota Neo-Nazi

Penembakan di kuil Sikh Wisconsin
Sumber :
  • REUTERS/ Allen Fredrickson

VIVAnews - Pembunuh enam orang di sebuah kuil Sikh di Wisconsin, Amerika Serikat, akhirnya berhasil diidentifikasi. Pelaku adalah mantan tentara bermasalah yang kini tergabung dalam kelompok neo-Nazi Skinhead.

Diberitakan Reuters, Senin 6 Agustus 2012, pelaku diketahui bernama Wade Michael Page. Dia tewas ditembak aparat saat memberondong umat Sikh di sebuah kuil di Wisconsin pada Minggu pagi. Enam orang tewas, tiga lainnya terluka.

Menurut laporan polisi, Page yang diduga berusia 40 tahun berperawakan tinggi, botak dan berkulit putih. Dilaporkan juga bahwa Page adalah mantan tentara yang pernah ditempatkan di Fort Bragg, North Carolina.

Pejabat pemerintah AS yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa Page bertugas sebelum serangan 11 September 2001 yang meruntuhkan menara kembar WTC. Dia diketahui dipecat dari angkatan bersenjata AS pada tahun 1998 karena berkelakuan buruk, termasuk mabuk saat bertugas.

Dia bertugas hanya selama enam tahun dan belum pernah dikirim ke luar negeri. Pangkatnya pernah diturunkan dari sersan menjadi spesialis karena mabuk saat bertugas. Setelah itu, karirnya tidak berkembang.

Page adalah anggota band skinhead rasis bernama End Apathy, berbasis di Fayetteville, North Carolina pada tahun 2010. Page juga diketahui membeli beberapa barang dari National Alliance, sebuah kelompok neo-Nazi pada tahun 2000.

Dalam melakukan aksinya, Page menggunakan pistol 9MM. Polisi masih mencari tahu darimana dia mendapatkan pistol tersebut.

Kepolisian mengaku hanya itu informasi yang mereka ketahui tentang pelaku. Penyidikan latar belakang dan motif pelaku masih terus dilakukan.(np)

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya
Ilustrasi garis polisi.

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi

Mayat korban ditemukan dalam koper di semak-semak.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024