Napi Dilarang Solat Berjamaah di Penjara AS

Penjara Terre Haute di Indiana, Amerika Serikat
Sumber :
  • cryptome.org

VIVAnews - Seorang narapidana menggugat sebuah penjara di Indiana, Amerika Serikat, karena melarang mereka solat berjamaah. Larangan ini dinilai melanggar undang-undang dasar Amerika Serikat yang menjunjung tinggi kebebasan individu.

Gugatan diajukan oleh John Walker Lindh, seorang mualaf yang divonis 20 tahun penjara karena membantu Taliban di Afganistan. Dalam kesaksian selama lebih dari dua jam di pengadilan Senin kemarin, Lindh mengatakan bahwa sipir di penjara Terre Haute melarang solat berjamaah dan memaksa mereka solat sendiri di dalam sel.

"Dia menyampaikan kebutuhan pribadinya untuk solat berjamaah dan bagaimana praktik ini sebelumnya bebas dilakukan di penjara tersebut. Memaksa solat seorang diri di sel bukanlah alternatif yang memuaskannya," kata pengacara Lindh, Kenneth Falk, dilansir CNN.

Dengan tangan terikat, Lindh berargumen, larangan para sipir tersebut melanggar Undang-undang Dasar AS terkait Kebebasan Beragama. Dalam pengadilan, Lindh juga menjelaskan tentang kewajiban umat Muslim, yaitu solat lima waktu sehari.

Pada laporan pengadilan, sipir di penjara tersebut beralasan larangan itu dilakukan demi keamanan. Lindh mengatakan bahwa alasan ini tidak masuk akal.

Presiden PKS: Ikhtiar Sudah Kita Optimalkan meski Hasil Tak Sesuai dengan Harapan

Solat berjamaah di Terre Haute, ujarnya, diawasi dengan ketat oleh sipir. Selain itu, selama solat sama sekali tidak boleh ada percakapan , jadi tidak mungkin para napi merencanakan sesuatu saat beribadah. Lagipula sebelum tahun 2007, solat berjamaah diperbolehkan di penjara ini, walaupun hanya tiga kali sehari.

"Jika ada yang salah, kau menentangnya. Jika itu benar, kau memujinya. Muslim tidak bisa netral, inilah jalan yang saya ambil," kata Lindh kepada Reuters.

Belum ada vonis soal gugatan Lindh tersebut karena pengadilan masih akan meninjaunya kembali. Pemerintah meminta sehari lagi untuk membahas gugatan tersebut.

Airlangga Respons Gugatan PDIP di PTUN: Keputusan MK Sudah Final

Mayoritas tahanan di penjara dengan 55 sel tersebut adalah umat Muslim. Kebanyakan di antaranya anggota militan Taliban dan al-Qaeda. Penjara dengan keamanan super ketat itu membatasi komunikasi tahanan dengan dunia luar dan mengawasi percakapan antar napi.

Lindh pindah ke agama Islam saat remaja. Dia pergi ke Afganistan pada 2001 untuk mengikuti pelatihan militer dan bertemu dengan Osama bin Laden. Dia tertangkap oleh Aliansi Afgan Utara pada 25 November 2001 dan divonis 20 tahun.

5 Fakta Menarik Arsenal Usai Pesta Gol ke Gawang Chelsea di Premier League
Luna Maya dan Maxime Bouttier.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

Bagi Maxime Bouttier, hadiah berupa quality time jauh lebih bermakna karena ia dan Luna Maya sama-sama punya kesibukan yang membuat mereka jadi jarang bertemu.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024