Cara PM Jepang Menghormati Bendera

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda
Sumber :
  • REUTERS/Toru Hanai

VIVAnews - Pejabat tinggi Jepang memiliki kebiasaan yang baik dalam menanamkan cinta kepada tanah air. Sebelum atau sesudah berpidato, maupun saat tampil di depan umum, pejabat yang bersangkutan biasanya membungkuk di depan bendera nasional Jepang.

Perdana Menteri Jepang, Yoshihiko Noda, secara simbolis menunjukkan penghormatan itu pada hari ini. Di depan para wartawan di Tokyo, Noda mengumumkan perombakan kabinet dengan mengganti beberapa menteri.

Namun, seperti yang diabadikan kantor berita Reuters, PM Noda menyempatkan diri membungkuk di depan bendera nasional Jepang, yang bernama resmi Nissh?ki dan populer disebut Hinomaru. Di akhir jumpa pers, Noda juga membungkuk di depan bendera putih dengan bulatan merah di tengahnya, yang melambangkan matahari.

Selain Noda, para pejabat tingginya lainnya di Jepang, maupun para diplomatnya di mancanegara, juga menerapkan kebiasaan serupa setiap berpidato di suatu forum yang menampilkan bendera nasional Jepang.

Dalam pengumuman kepada para jurnalis hari ini, Noda mengganti sejumlah pejabat penting. Menteri Keuangan Jun Azumi diganti oleh Koriki Jojima. Selain itu, Makiko Tanaka, yang pernah menjadi menteri luar negeri, direkrut oleh Noda sebagai menteri pendidikan, ungkap stasiun berita BBC.

Sementara itu, Hiroyuki Nagahama ditunjuk sebagai Menteri Lingkungan Hidup dan Krisis Nuklir. Seiji Maehara dipercaya sebagai menteri kebijakan nasional.

Terungkap! Ini Identitas Selebgram Terjerat Kasus Narkoba di Jaksel, Salah Satunya Chandrika Chika

Perdana Menteri Jepang Yoshihiko Noda membungkuk di depan bendera

Foto: REUTERS/Toru Hanai

Gugatan PDIP Diterima PTUN, Gayus Lumbunn: Permononan Kami Layak untuk Diproses
Surya Paloh di Nasdem Tower

Respons Surya Paloh Soal Waketum Nasdem Sambangi Rumah Prabowo Subianto Malam Ini

Waketum Nasdem mengaku kedatangannya ke rumah Prabowo tidak mewakili siapapun.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024