Panas Luar Biasa Sengat Australia

Lokasi kebakaran hutan di Australia 2009
Sumber :
  • REUTERS/West Australian/Nic Ellis/Pool

VIVAnews - Saat sejumlah kota di belahan lain dunia bermasalah dengan curah hujan yang tidak biasa, beberapa kota di Australia justru tengah mengalami panas yang luar biasa. Bahkan ada wilayah yang suhunya sudah melebihi 46 derajat celcius.

Menurut stasiun berita BBC, Sydney hari ini sangat panas. Pusat bisnis dan keuangan Australia itu hari ini mengalami cuaca dengan suhu mencapai 45,8 derajat celcius, ungkap Observatory Hill di Sydney pada pukul 14.55 waktu setempat.

Erick Thohir: Generasi Emas Timnas Indonesia Terus Ciptakan Sejarah Baru

Obseratory Hill terakhir kali mencatat suhu yang sangat tinggi di Sydney terjadi pada Januari 1939. Saat itu termometer mencatat suhu 45,3 derajat celcius.

Perdana Menteri Australia, Julia Gillard, memperingatkan rakyatnya untuk waspada dan selalu memantau perkembangan terbaru dari dinas darurat setempat demi menyelamatkan diri dan harta benda mereka.

Biro Meteorologi Australia menyatakan bahwa rekor panas tertinggi tidak hanya tercatat di Sydney. Beberapa wilayah di pinggir Kota Sydney bahkan bisa lebih panas. Di Penrith, sebelah barat Sydney, suhu mencapai 46,5 derajat celcius.

Di wilayah lain, cuaca yang super panas ini telah memicu kebakaran hutan yang tengah kering, seperti di negara bagian New South Wales dan Victoria. Kota kecil Licola di Victoria bagian timur dilaporkan tengah terisolir karena kebakaran hutan seluas 44.500 hektar dan telah memutus jalan utama ke kota itu.

Australia rutin mengalami kebakaran hutan setiap tahun saat suhu udara sedang tinggi-tingginya. Paling parah berlangsung pada Februari 2009 saat kebakaran hutan menewaskan 173 orang di negara bagian Victoria.  

Cuaca panas tengah melanda Australia dalam beberapa pekan terakhir, sehingga Biro Meteorologi sudah mengantisipasi dengan membuat katagori siaga baru, yang bisa mendata suhu hingga melebihi 50 derajat celcius. Namun, para pakar juga memperingatkan bahwa cuaca Sydney bisa berubah drastis di malam hari karena bisa berganti dengan hujan badai. 

Syifa Hadju

Hubungan dengan Rizky Nazar Diduga Retak Lantaran Orang Ketiga, Instagram Syifa Hadju Diserbu

Sejak kabar itu viral, banyak warganet yang memberi perhatian kepada Syifa Hadju. Mereka ramai-ramai memenuhi kolom komentar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024