Paus Baru Kemungkinan Dipilih Akhir Maret

Paus Benediktus XVI
Sumber :
  • REUTERS/Tony Gentile/Files
VIVAnews
Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas
- Salah seorang juru bicara Vatikan menyatakan bahwa Paus baru kemungkinan besar akan dipilih pada akhir Maret mendatang. Seperti diketahui, Paus Benediktus XVI akan resmi mengundurkan diri pada 28 Februari 2013.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang

Pastor Federico Lombardi menyatakan, Paus Benediktus XVI tidak akan ambil bagian dalam pertemuan untuk memilih Paus baru ini. Usai mengundurkan diri, rencananya Paus Benediktus XVI akan pindah ke sebuah tempat peristirahatan musim panas di dekat Roma. Setelah itu, ia akan tinggal di sebuah bekas biara di dalam wilayah Vatikan.
Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia Tembus Semifinal Piala Asia U-23


Lebih lanjut, Pastor Federico Lombardi menjelaskan, keputusan Paus Benediktus XVI untuk mundur tak terkait masalah penyakit. Paus Benediktus XVI, ujarnya, tidak memiliki penyakit khusus.

 

Menurut Pastor Federico Lombardi, keputusan mundur tersebut lebih dikarenakan penurunan kekuatan yang progresif dan bisa dikatakan normal untuk pria seusia Paus Benediktus XVI. Seperti diketahui, pria yang terpilih menjadi Paus pada 19 April 2005 ini, telah menginjak usia 85 tahun.


"Dalam beberapa bulan terakhir ia telah melihat penurunan kekuatan, baik dari tubuh dan jiwa," kata Lombardi kepada wartawan seperti dilansir kantor berita
Reuters
. "Itu adalah keputusan pribadinya yang diambil dengan kebebasan penuh, yang layak mendapatkan rasa hormat maksimum," ucapnya menambahkan. (adi) 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya