Korut Ujicoba Nuklir, DK PBB Gelar Rapat Darurat

Sidang Majelis Umum PBB di New York, AS.
Sumber :
  • Reuters/Brendan McDermid
VIVAnews -
Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil
Ujicoba nuklir Korea Utara membuat beberapa negara kebakaran jenggot. Terutama yang paling resah adalah negara tetangga Korea Selatan yang kebetulan bulan ini menjabat ketua sidang Dewan Keamanan (DK) PBB.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Diberitakan
Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Reuters , misi Korsel di PBB langsung memerintahkan digelarnya rapat darurat 15 negara anggota DK PBB pada Selasa pagi waktu setempat atau malam waktu Indonesia. Menteri Luar Negeri Korsel Kim Sung-hwan rencananya akan melakukan konferensi pers usai rapat tersebut.


Salah seorang diplomat negara barat yang enggan disebutkan namanya berharap DK PBB secara mufakat mengeluarkan pernyataan yang mengutuk ujicoba nuklir Korut dan langkah-langkah lainnya. Dia mengatakan, Amerika Serikat, Korsel dan negara-negara Eropa ingin diterapkannya kembali sanksi baru bagi Korut karena melanggar resolusi PBB.


Sebelumnya, Korut mengatakan bahwa mereka telah melakukan ujicoba nuklir yang ketiga hari ini. Ujicoba yang dilakukan di bawah tanah ini disebut-sebut menggunakan bom yang lebih kecil dan ringan, namun lebih dahsyat ketimbang uji nuklir tahun 2006 dan 2009. Uji nuklir Korut juga memicu gempa bumi berkekuatan 4,9 skala richter menurut laporan USGS.


Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengutuk tindakan Korut tersebut dan mengatakan bahwa negara itu telah sekali lagi melanggar resolusi Dewan Keamanan. "Sangat memprihatinkan melihat Pyongyang menentang seruan yang tegas dan keras dari komunitas internasional untuk tidak melakukan tindakan provokasi," kata juru bicara Ban Ki-moon, Martin Nesirky.

 

"Sekjen sangat khawatir akan dampak negatif dari tindakan ini terhadap stabilitas regional dan upaya global untuk non-proliferasi nuklir," lanjut dia lagi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya