DPR: Indonesia Tidak Akan Buat Senjata Nuklir

Fakta manfaat dan bahaya energi nuklir
Sumber :
  • http://www.gomuda.com
VIVAnews -
Heru Budi Bakal Tingkatkan Pengawasan Buntut Kasatpel Numpang Mobil Dishub ke Puncak
Pemerintah Indonesia menegaskan tidak akan mengembangkan senjata nuklir walau memiliki materi uranium yang berlimpah. Daripada membuat senjata, Indonesia lebih memilih menggunakan nuklir untuk tujuan damai.

Modal Pinjam PNM Mekaar, Dewi Lambungkan Bisnis Minuman Kesehatan

"Kita pemerintah Indonesia sepakat tidak akan mengembangkan nuklir sebagai senjata," kata anggota Komisi I DPR, Muhammad Najib, usai menjadi pembicara seminar regional mengenai ASEAN bebas nuklir, Selasa, 12 Februari, di Jakarta.
Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui


Menurut Najib, pemerintah berencana menggunakan teknologi nuklir untuk tujuan damai seperti untuk bidang bidang pendidikan, kesehatan, peternakan dan pertanian.


Dia juga menyarankan pemerintah Indonesia untuk secepatnya memanfaatkan energi nuklir karena lebih ramah lingkungan dan murah. Selain untuk pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) nuklir juga bisa digunakan untuk pemantau bencana.


Untuk mewujudkan hal ini, Najib menyarankan pemerintah untuk bekerja sama dengan badan uji coba nuklir PBB (CTBTO) dalam hal pengadaan teknologi dan pelatihan sumber daya manusianya.


"CTBTO memiliki peralatan canggih yang dapat digunakan untuk memantau bencana di suatu area secara bersamaan karena memiliki sistem online. Kita bisa meminta alat tersebut untuk memantau seluruh daerah di Indonesia" ujarnya.


Selain itu, kata dia, ide pembangunan PLTN juga dapat direalisasikan, karena Indonesia sudah memiliki tiga reaktor nuklir di daerah Yogyakarta, Bandung, dan Puspitek, Serpong. Namun begitu pihaknya menyadari bahwa ini bukan rencana yang dapat dilakukan dalam waktu cepat. Selain itu sosialisasi kepada masyarakat juga perlu dilakukan, karena nuklir masih dianggap energi yang berbahaya.


Sebelumnya tahun 2011 lalu pada konferensi pers KTT ASEAN, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan bahwa Indonesia tidak akan menggunakan nuklir sebagai pembangkit energi. Menurutnya, energi alternatif lainnya yang tergantikan masih tersedia berlimpah di tanah air.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya