Terancam PHK, Wartawan BBC Akan Mogok

BBC
Sumber :
  • BBC

VIVAnews - Para wartawan perusahaan penyiaran Inggris (BBC) berencana melakukan mogok kerja sehari penuh pada Senin 18 Februari 2013. Rencana ini diperkirakan dapat mengancam siaran program televisi dan radio pada hari ini.

Dilansir The Guardian, Minggu 17 Februari 2013, para karyawan akan berkumpul di luar kantor BBC yang tersebar di seluruh Inggris, termasuk di kota London, Cardiff, Glasgow dan Birmingham.

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Menurut Sekretaris Jenderal Serikat Jurnalis Nasional (NUJ), Michelle Strainstreet, para wartawan BBC kecewa dengan keputusan para petinggi media yang didirikan sejak tahun 1922 itu yang berencana menghapus beberapa program. Beberapa program yang rencananya akan dihapuskan itu antara lain BBC Scotland, Five Live, the Asian Network dan the World Service.

"Mereka marah dan frustasi atas putusan sepihak yang diambil oleh para petinggi BBC. Keputusan yang akan mengakibatkan para wartawan kehilangan pekerjaan mereka dan kualitas jurnalistik," ujar Strainstreet seperti dikutip The Guardian.

Menurut Strainstreet, para manajer malah akan menghabiskan uang rakyat untuk sesuatu yang tidak perlu. "Mereka juga mengorbankan mata pencaharian para wartawan berbakat dan berpengalaman. Sungguh mengecewakan bahwa BBC telah gagal menyelesaikan konflik ini dan menunjukkan tindakan pelepasan tanggung jawab sebagai media penyiaran milik publik," kata Strainstreet.

Perwakilan BBC mengaku kecewa jika anggota NUJ harus melakukan mogok kerja pada hari ini. Pihaknya mengatakan akan berusaha semaksimal mungkin untuk mengalihkan para staf sehingga tidak terjadi PHK.

"Kami sedang bekerja keras untuk memastikan bahwa kami berhasil untuk mengalihkan para staf untuk bekerja di mana pun dan akan terus bekerja sama dengan serikat pekerja untuk menjamin anggota mereka telah menerima hak pengalihan tersebut," ujar salah seorang perwakilan BBC.

Perwakilan BBC itu pun juga mengatakan, rencana aksi para karyawan ini kemungkinan besar tidak akan mengganggu jadwal atau tayangan program BBC.  "Prioritas kami tetap menayangkan program kepada pemirsa dan pendengar siaran BBC sesuai jadwalnya," katanya.

Sementara pihak NUJ telah meminta penangguhan PHK selama enam bulan untuk meminta waktu bernegosiasi dengan Direktur Jenderal yang baru.

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing
Shin Tae-yong

Pujian Shin Tae-yong untuk Australia Meski Dipecundangi Timnas Indonesia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong memberikan pujian kepada Australia usai pertandingan kedua Grup A Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024