Bocorkan Penipuan, BBC Ancam Mantan Karyawannya

Kantor stasiun televisi BBC di London, Inggris.
Sumber :
  • REUTERS/Toby Melville
VIVAnews -
Terjadi Lagi Kasus Suami Bunuh Istri, Kali Ini di Karimun Kepulauan Riau
Mantan karyawan perusahaan penyiaran Inggris,
BBC,
Ekonomi Global Semakin Seram, Erick Thohir Ungkap Sudah Mulai Terjadi Perang Tarif
terancam diseret ke penjara oleh perusahaan tempat dia bekerja dulu karena membeberkan kebusukan atasannya.
PLN Indonesia Power Sabet Penghargaan dari World Safety Organization

Kepada
Daily Mail
, Byron Myers, 39, mantan kepala bagian sumber daya manusia BBC, membocorkan tindak penipuan senilai lebih dari 10.000 Poundsterling atau setara Rp147 juta yang dilakukan oleh seorang manajer BBC.


Manajer yang dimaksud oleh Myers adalah Craig White, 47. Myers menuduh White telah melakukan tindakan yang menguntungkan dirinya sendiri dengan menyetujui kontrak senilai 70.000 Poundsterling atau Rp1 miliar per tahun dengan perusahaan milik kekasihnya, First Position.


Kasus ini bermula ketika Myers mengetahui tindak penipuan itu sejak tahun 2011 lalu. Dia mencoba mengklarifikasi kepada BBC, perusahaan tempatnya bekerja, namun tidak direspon dan malah ditutupi.


Di tahun 2012, Myers pun memutuskan memberitahu publik melalui
Daily Mail
yang akhirnya melakukan investigasi dan publikasi mengenai kasus tersebut. BBC kemudian meradang dan mengancam akan memenjarakan Myers karena dituduh membocorkan informasi.


"Saya menjelaskan seluruh kasus mengenai First Position kepada wartawan
Daily Mail
. Mereka kemudian menanyakan saya apakah pernah menanyakan kepada BBC perihal First Position ini dan saya jawab hal itu sudah dilakukan berulang kali," ujarnya seperti dikutip Dailymail, Minggu 24 Februari 2013.


Masih menurut Myers, dia memiliki bukti yang mendukung tuduhannya tersebut. Tetapi BBC dituduh menutup-nutupi kasus tersebut dengan rapi.


Kini kasus itu tengah bergulir di pengadilan karyawan di Watford. Dalam pengadilan itu, Myers menuduh BBC memecatnya karena telah melaporkan kasus itu.


Pada bulan Mei 2011, pengacara BBC, Laura Juliet kemudian menyarankan BBC untuk melakukan investigasi menyeluruh terhadap kasus ini. Namun saran ini diabaikan oleh petinggi BBC, John Smith.


Sementara pihak BBC yang diwakili oleh Caspar Glyn, berulang kali mengungkapkan di pengadilan bahwa tuduhan yang dikatakan Myers merupakan rekayasa untuk memperkuat klaimnya. "Dia telah membuat serangkaian kebohongan," tegas Glyn di pengadilan. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya