Apindo Dorong Percepatan Sinergi Diaspora dan Pengusaha

Sofjan Wanandi, Ketua Umum APINDO
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro
VIVAnews -
Bikin 2 Gol ke Gawang Korsel, Begini Kata Rafael Struick
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi, mengatakan, perlunya percepatan sinergi antara pengusaha Indonesia dan diaspora. Menurut Sofjan, upaya itu dapat berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi di Tanah Air.

Anies Buka Peluang Maju Pilgub Jakarta: Saya Baru Satu Periode

Sinergi yang dimaksud pria yang sudah menjabat sebagai ketua umum Apindo sejak 2003 itu adalah adanya komunikasi akan kebutuhan pengusaha di luar negeri yang dapat dipenuhi oleh pengusaha Indonesia.
Mengenali Tanda-Tanda Tantrum Tidak Normal pada Anak, Orang Tua Harus Merespons dengan Cermat


"Entah mereka yang mengerjakan bisnisnya dari sana (luar negeri) atau kami juga dapat membantu bisnis mereka untuk dapat masuk ke sini," ujar Sofjan kepada
VIVAnews
usai menjadi salah satu pembicara pada seminar mengenai diaspora di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat, Selasa 26 Februari 2013.


Menurut Sofjan, peran diaspora Indonesia dibutuhkan. Dia menjelaskan, selama ini tidak ada komunikasi, baik yang terjalin antara diaspora Indonesia dan pengusaha di dalam negeri, sehingga banyak peluang bisnis yang tidak tergarap dengan maksimal.


"Apindo tentunya berharap diaspora dapat menjadi tangan-tangan kami di luar negeri. Mereka dapat memberikan kami informasi, karena dianggap lebih mengenal negara itu, sehingga dapat membawa bisnis dari sini untuk dikenalkan di sana. Kemudian, sebaliknya, mereka dapat mengajak teman-teman mereka yang penasaran akan Indonesia untuk berbisnis di sini," ungkap Sofjan.


Ketika ditanyakan program konkret apa saja yang telah dijalankan setelah diaspora Indonesia dideklarasikan, Sofjan menjawab, masih terbatas pada kerja sama bisnis dan perdagangan. "Ya, masih seputar bisnis dan perdagangan. Misalnya, kami buka agen untuk mereka guna bisa jadi agen di negara kami," katanya. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya