Sambangi Berlin, SBY Akan Perkuat Kerja Sama RI-Jerman

kunjungan Presiden Jerman ke Istana Negara
Sumber :
  • Biro Istana/Abror Rizki
VIVAnews -
Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024
Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono akan menyambangi Berlin, Jerman, dari tanggal 3-5 Maret mendatang. Perjalanan kemudian akan dilakukan menuju Hungaria pada tanggal 6-8 Maret 2013.

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Menurut keterangan yang disampaikan Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional, Kamis, 28 Februari 2013, kedua kunjungan ini dilakukan atas undangan Presiden Republik Federal Jerman, Joachim Gauck dan Presiden Republik Hungaria, János Áder.
Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya


Di Jerman, SBY akan ditemani oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono akan melakukan pertemuan bilateral dengan Gauck dan Kanselir Jerman, Angela Merkel. Kedua pertemuan bilateral tersebut akan membahas tindak lanjut Kemitraan Komprehensif yang diluncurkan oleh Presiden RI dan Kanselir Jerman di Jakarta, pada 10 Juli 2012.


Selain itu juga akan dibahas prioritas kerja sama di bidang ekonomi (perdagangan, investasi dan pembangunan), kesehatan, pendidikan, riset dan teknologi, serta industri pertahanan. Juga akan dibahas kerja sama terkait ketahanan pangan, ketahanan energi, dan transportasi.


"Dalam kesempatan pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman, akan diumumkan tokoh-tokoh dari kedua negara yang akan menjadi anggota Indonesia-German Advisory Group (IGAG)," tulis keterangan tersebut.

 

SBY juga akan menerima kunjungan kehormatan Mantan Presiden Jerman Horst Köhler, Menlu Jerman Guido Westerwelle, dan Walikota Berlin Herr Klaus Wowereit. Selama berada di Jerman, SBY dijadwalkan akan membuka Pameran Pariwisata Internasional ITB (International Tourism Bourse) bersama Kanselir Jerman. Indonesia akan menjadi negara mitra dalam pameran tersebut. Selain itu, Presiden RI akan menghadiri forum bisnis dan bertatap muka dengan beberapa CEO perusahaan terkemuka Jerman. Presiden RI juga akan bertemu dengan komunitas diaspora Indonesia.


Seusai kunjungan di Jerman, Presiden RI akan melanjutkan kunjungan ke Budapest, Hungaria. Dalam kunjungan ini, SBY dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Republik Hungaria. Kesempatan pertemuan bilateral tersebut, akan dimanfaatkan untuk membahas upaya-upaya peningkatan hubungan bilateral di berbagai bidang, utamanya di bidang ekonomi.


Presiden RI juga dijadwalkan untuk menyaksikan penandatanganan MoU kerja sama pelatihan diplomatik antar Kementerian Luar Negeri kedua negara. Presiden RI juga dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Hungaria, Y.M. Viktor Orbán.

 

Di Budapest, Presiden RI juga akan bertemu dengan sejumlah CEO perusahaan terkemuka Hungaria yang memiliki rencana berinvestasi di Indonesia. Pertemuan ini diharapkan dapat semakin memperkuat minat mereka untuk berinvestasi. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya