Para Kardinal Memulai Proses Pemilihan Paus Baru

Para kardinal dalam pertemuan terakhir dengan Paus Benediktus XVI
Sumber :
  • REUTERS/Osservatore Romano

VIVAnews - Para kardinal dari seluruh dunia berkumpul di Vatikan pada Jumat ini untuk memulai proses pemilihan Paus baru pengganti Paus Benediktus XVI yang resmi mengundurkan diri Kamis kemarin.

Keren Banget, Sherina Main Teater Musikal Bareng Anak-Anak Sekolah

Mereka direncanakan akan mengadakan pertemuan informal terlebih dahulu sebelum memulai beberapa pertemuan tradisional pada Senin mendatang.

Dilansir Reuters, Jumat 1 Maret 2013, di antara 115 kardinal yang memiliki hak suara tersebut, belum ada satu pun yang terlalu menonjol. Oleh sebab itu menilai potensi kandidat pengganti Paus Benediktus XVI akan menjadi agenda utama.

Para kardinal juga akan memanfaatkan kesempatan pertemuan itu untuk mendiskusikan tantangan masa depan yang akan dihadapi Vatikan, seperti pengelolaan gereja Vatikan yang lebih baik, kebutuhan perbaikan komunikasi dan kelanjutan krisis pelecehan seksual.

"Dalam diskusi yang akan berlangsung selama kongregasi akan menjadi agenda terpenting untuk persiapan intelektual dalam memilih Paus baru," ungkap Kardinal Sean O'Malley yang berasal dari Boston, Amerika Serikat, kepada Reuters.

Masih menurut O'Malley, tiap kardinal telah siap secara spiritual untuk memilih Paus baru dengan terus berdoa. "Saya kira setiap dari kami telah memiliki daftar calon kandidat utama dan kandidat kedua," ujar Kardinal Francis George asal Chicago, AS.

Sejauh ini belum ada keputusan resmi dari Vatikan kapan prosesi konklaf akan diadakan. Namun diharapkan konklaf dilakukan pada pertengahan Maret sehingga Paus terpilih dapat mulai masuk ke kantor Vatikan pada 24 Maret dan memimpin misa minggu suci jelang Paskah.

Kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi

Terpopuler: Alasan Heerenveen Lepas Nathan Tjoe-A-On, Calon Kiper Timnas Indonesia Sabet Scudetto

Berita mengenai Heerenveen yang kembali melepas Nathan Tjoe A On ke Timnas Indonesia U-23 menjadi buruan pembaca VIVA Bola sepanjang Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024