Malaysia: Hanya Tiga Orang Tewas di Sabah

Pasukan Malaysia mengepung desa di Sabah yang dikuasai Kesultanan Sulu
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad
VIVAnews -
Air Kelapa Vs Air Lemon, Mana yang Lebih Banyak Manfaatnya untuk Tubuh?
Pemerintah Malaysia mengatakan bahwa tiga orang tewas dalam pertempuran di Sabah hari ini. Pernyataan ini sekaligus membantah pengakuan Kesultanan Sulu yang mengatakan 10 orang mereka meninggal dalam pertempuran.

Serahkan Kesimpulan Hari Ini, Yusril Yakin MK Tolak Gugatan Kubu Anies dan Ganjar

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Filipina, Raul Hernandez, mengatakan bahwa dua dari tiga orang yang tewas adalah polisi Malaysia. "Duta Besar Malaysia mengatakan pertempuran telah berakhir," kata Hernandez, dikutip dari
Survei BI Ungkap Keyakinan Konsumen Akan Ekonomi Indonesia Naik
GMA News.

Menurut kantor berita
Bernama,
dua orang polisi Malaysia terbunuh akibat serangan mortir. Dua orang polisi lainnya terluka saat mereka berusaha mengusir sekitar 100 orang Sulu di Sabah.


Seorang korban tewas lainnya adalah warga desa pemilik rumah yang ditempati oleh kelompok Raja Muda Agbimuddin Kiram. Menurut Hernandez, pasukan Malaysia berhasil memojokkan pasukan Sulu yang langsung kabur ke laut.


Mengenai kabar 10 orang Sulu yang tewas, Hernandez mengatakan bahwa itu belum bisa dikonfirmasi. Saat ini, kata dia, pasukan laut Filipina tengah meminta izin untuk mengirim tim medis mereka ke Lahad Datu untuk merawat yang terluka.


Sebelumnya, pihak Kesultanan Sulu yang diwakili oleh Abraham Idjirani mengatakan bahwa pasukan mereka masih bertahan di Sabah. Dia bahkan mengatakan telah berbicara dengan Kiram. "Kami telah berbicara dengannya. Dia masih sehat. Dia tidak terluka dan dia masih berjuang," kata Idjirani.


"Saya tanya padanya, berapa orang yang syahid. Dia mengatakan 10. Saya tanya berapa yang terluka, dia bilang empat. Mereka tidak akan pergi. Pertempuran akan terus berlanjut," kata Idjirani.


Berita soal korban dan situasi di lokasi hingga kini masih simpang siur.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya