Presiden SBY Diledek di Situs Parodi Gedung Putih

Situs parodi gedung putih whitehouse.gov1.info
Situs parodi gedung putih whitehouse.gov1.info
Sumber :
  • whitehouse.gov1.info

VIVAnews - Laporan pada situs whitehouse.gov1.info itu terlihat menjanjikan, tampilannya juga tidak kacangan. Namun, ketika membaca isinya dijamin alis mengernyit. Informasinya ternyata parodi alias cuma lelucon, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono jadi salah satu sasarannya.

Pada bagian atas situs, terdapat gambar Gedung Putih dan tulisan yang meyakinkan "The White House Washington-President Barack Obama". Tapi kalau tidak teliti, kita akan melewatkan tulisan "NOT" di depannya, yang berarti "BUKAN Gedung Putih".

Simak salah satu tulisannya yang berjudul "APEC 2013 in Bali Indonesia". Tulisan itu mengetengahkan rencana Obama kembali ke Indonesia, negara masa kecilnya, pada KTT APEC 2013 mendatang di Bali. Dikatakan bahwa Obama memiliki banyak penggemar di sana.

Salah satu sub judul mengetengahkan lomba logo APEC 2013 yang digelar tahun lalu untuk warga Indonesia. Obama menyampaikan keinginannya untuk turut serta karena merasa pernah tinggal di negara ini.

Dikatakan bahwa logo yang dibuat Obama menggunakan Photoshop masuk lima besar. Namun SBY menolak semuanya dan malah memilih logo buatan ponakannya bernama Bintang.

"Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono secara tidak terduga menolak lima logo yang masuk dan malah memilih logo sederhana berwarna ungu dengan garis-gari keriting yang digambar keponakannya yang masih kecil, Bintang," tulis situs itu.

Mendapati kekalahannya, Obama, lanjut tulisan dalam situs, terlihat kecewa. Dia menyampaikan memo terima kasih telah memperbolehkannya mengikuti kontes, namun akan membatalkan kunjungannya ke KTT APEC di Bali.

"Jadwal kepresidenannya mulai penuh dan dia mungkin tidak bisa datang ke KTT APEC 2013," isi memo Obama. Padahal, sebelumnya ditulis Obama akan datang bersama Michelle.

Cuma Lelucon

Ini jelas hanya lelucon. SBY memang turut campur dalam pemilihan logo, namun pemenangnya bukan bernama Bintang, melainkan Arief Tjahjoko asal Malang, Jawa Timur.

Staf Khusus Presiden bidang Luar Negeri, Teuku Faizasyah, saat dihubungi VIVAnews juga mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada konfirmasi kehadiran Presiden Obama dalam KTT di Bali.

Ini bukan pertama kalinya situs Gedung Putih dibuat parodi. Saat pemerintahan Presiden George W Bush, juga muncul situs yang sama bernama Whitehouse.org. Situs ini adalah lelucon untuk Presiden Bush dan keluarganya.

Pembuat situs whitehouse.gov1.info juga menegaskan bahwa situsnya bukan asli, tapi palsu. Situs resmi Gedung Putih sendiri bernama whitehouse.gov.

"Bukan, ini bukan situs resmi Gedung Putih. Ini adalah parodi dari whitehouse.gov. Tidak ada orang, departemen, atau agen di pemerintahan AS yang menyetujuinya, mendukung, atau mengizinkan situs ini. Tidak ada binatang yang disakiti dalam pembuatan situs (kecuali ketika saya telat memberi makan anjing saya)."