Partai Islam Turkistan Klaim Dalangi Insiden di Lapangan Tiananmen

JIP menabrak kerumunan orang di Lapangan Tiananmen, China
JIP menabrak kerumunan orang di Lapangan Tiananmen, China
Sumber :
  • Orange.co.uk
VIVAnews - Pasca sebulan setelah tragedi teror di Lapangan Tiananmen, sebuah kelompok yang menamakan dirinya Partai Islam Turkistan (TIP) mengklaim bertanggung jawab menjadi dalang di balik serangan itu. Informasi ini terkuak dari adanya sebuah klip audio yang diperoleh organisasi pemantau internet berbasis di Amerika Serikat (AS). 

Harian Inggris, The Guardian, Senin 25 November 2013, melansir bahwa TIP merupakan kelompok pertama yang mengklaim bertanggung jawab terhadap serangan tanggal 28 Oktober lalu. Dalam klip audio yang berdurasi selama delapan menit itu terdengar suara pemimpin kelompok itu, Abdullah Mansour, menyebut warga China sebagai orang yang tak beriman. 

"O, warga China yang tidak beriman, ketahuilah bahwa Anda semua telah dibodohi oleh Turkistan Timur selama enam tahun terakhir. Namun, kini mereka telah sadar," ujar Mansour. 

Rekaman suara Mansour tersebut kemudian dipajang di dunia maya akhir pekan lalu di situs Institut Pencarian Entitas Teroris Internasional (SITE) di Bethesda, Maryland, AS. Situs SITE memang didesain untuk memantau forum para pelaku jihad.