Ikon Hidup Perdamaian: Nelson Mandela

Nelson Mandela dan istrinya, Winnie.
Sumber :
  • REUTERS/Juda Ngwenya
VIVAnews
Live World Boxing Welter Super WBO dan WBC, Tszyu vs Sebastian Fundora Tayang Akhir Pekan di tvOne
- Nelson Mandela, mantan pemimpin kelompok perjuangan anti-apartheid di Afrika Selatan, kini telah tiada. Mandela menghembuskan nafas terakhirnya Kamis malam, 5 Desember 2013.

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

News One
Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
, 6 Desember 2013, melansir, meskipun terkenal sebagai pejuang perdamaian, tapi Mandela pernah mengalami masa kelam. Dia hidup dipenjara selama 27 tahun, dari tahun 1964 sampai 1990.

Sebenarnya Mandela pernah divonis penjara seumur hidup oleh hakim pengadilan di kota Pretoria. Ia dinyatakan bersalah karena melakukan sabotase atas pemerintahan Afrika Selatan pada saat itu.


Di awal masa penahanannya Mandela pernah ditawari untuk bebas, tapi dengan tegas dia menolak dibebaskan karena tidak setuju dengan kondisi pemerintahan. Dan akhirnya pada tahun 1990 Mandela dibebaskan dari penjara di Robben Island.


Tepat pada 11 Februari 1990 Mandela menghirup udara bebas, setelah 27 tahun mendekam di penjara. 50.000 Orang pendukungnya sudah menunggu di luar penjara. Pada waktu itu Mandela mengatakan "perjuangan kita telah mencapai saat yang menentukan."


Tiga tahun kemudian, Mandela meraih Nobel Perdamaian bersama Presiden Afsel, FW de Klerk. Dan di tahun 1994, Mandela terpilih menjadi presiden Afsel. Lima tahun kemudian, Mandela mengundurkan diri dari jabatan presiden dan digantikan oleh Thabo Mbeki.


Hidup di penjara selama 27 tahun membuat Mandela menjadi ikon internasional. Sudah lebih dari 250 penghargaan telah ia terima. Bahkan, setelah mengundurkan diri dari presiden Afsel, Mandela terus berkelana ke mancanegara untuk mengkampanyekan perdamaian.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya