Habiskan Anggaran untuk Beli Celana Dalam, Pemerintah Ceko Dihujat

Celana dalam
Sumber :
  • daily mail
VIVAnews - Kementerian Lingkungan Republik Ceko membuat publik geram dengan kebijakan belanja akhir tahunnya. Bagaimana tidak, anggaran akhir tahun senilai 593.347 Koruna atau setara Rp358 miliar, habis dibelanjakan untuk membeli celana dalam, pensil, manset, payung dan 6.000 buah pena. 
Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

Dilansir laman Dailymail, publik semakin kesal, lantaran di dalam celana dalam itu terdapat gambar hewan. Berang-berang menempel di bagian depan celana dalam untuk perempuan, sedangkan burung cormorant ada di bagian depan celana dalam pria. 
5 Cara Ampuh Melepaskan Diri dari Kecanduan Alkohol

Tidak tanggung-tanggung, Kementerian memborong 1.000 pasang celana dalam model tersebut. Pihak Kementerian berdalih pembelian barang-barang itu sebagai bentuk kampanye perlindungan lingkungan Ceko dan mendorong publik agar bersedia lebih aktif berpartisipasi dalam upaya melindungi alam. 
Holding BUMN InJourney Siap Sambut Mudik dan Libur Lebaran 2024

Terang saja, keputusan Pemerintah ini dikritik habis-habisan oleh publik Ceko, salah satunya aktivis pecinta lingkungan, Hnuti Duha. Duha, dikenal sebagai sahabat organisasi bumi Republik Ceko. 

Dia menyebut keputusan yang diambil Kementerian Lingkungan sangat menyedihkan. Komentar serupa turut dilontarkan Juru Bicara Organisasi Bumi, Jan Pinos. 

"Keputusan itu benar-benar bodoh. Saya bahkan tidak dapat menemukan kata dalam Bahasa Inggris yang tepat untuk menggambarkannya. Saya akui kaget, namun tidak terkejut," kata Pinos. 

Dia juga menuduh Menteri Lingkungan, Tomas Podivisnky sebagai seksisme. "Dana sebesar itu, padahal dapat digunakan untuk sesuatu yang lebih bijak seperti konservasi alam liar, taman nasional dan perlindungan tata ruang kota," ujarnya. 

Di matanya, apabila tujuan Pemerintah membeli celana dalam itu untuk mempromosikan konservasi alam, maka keliru. Pasalnya, kedua hewan yang ada di celana dalam tersebut, baru-baru ini ditarik dari daftar hewan langka di Ceko. 

Keputusan itu semakin menjadi bencana karena sebelumnya, Kementerian Lingkungan malah memecat seorang ahli lantaran tidak sejalan dengan mantan pemimpin partai penguasa, Demokrat Kristen. Pemimpin Partai Hijau Ceko, Ondrej Liska, mengatakan Kementerian Lingkungan seharusnya menghabiskan anggaran untuk melindungi kesehatan manusia dan lingkungan. 

"Bukannya dengan memutuskan sesuatu yang terburu-buru terkait dengan anggaran," katanya.

Selaku Menteri Lingkungan Hidup, Podivinksy, tidak ingin disalahkan begitu saja. Menurut dia, dengan membeli celana dalam itu, adalah cara yang lebih ampuh untuk menyampaikan pesan perlindungan lingkungan, daripada membeli pena dan payung. 

Ini bukan kali pertama, Kementerian Lingkungan membuat keputusan yang mengernyitkan dahi. Sebelumnya, Podivinksy, mengumumkan akan mengganti kendaraan dinas Departemennya, dengan 130 mobil baru. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya