Timor Leste Tuntut Australia Kembalikan Dokumen yang Mereka Sita

Xanana Gusmao
Xanana Gusmao
Sumber :
  • wikimedia.org

VIVAnews - Perwakilan Timor Leste meminta Pengadilan Internasional Keadilan (ICJ) di Den Haag, Belanda, agar memerintahkan Australia mengembalikan dokumen dan data yang disita oleh Badan Intelijen Negeri Kanguru (ASIO) pada tahun 2013. Dokumen dan data yang disita oleh agen ASIO terkait masalah sengketa kasus minyak dan gas di lahan penambangan Greater Sunrise. 

Dilansir dari stasiun berita Australia, ABC News, Selasa 21 Januari 2014, Timor Leste menolak argumen Pemerintah Australia yang menyebut razia tersebut dilakukan atas dasar keamanan nasional. Menurut penasihat Timor Leste,  Eli Lauterpacht, yang turut hadir di ICJ, razia tersebut sudah mencederai kedaulatan negara yang dulunya bekas salah satu provinsi di Indonesia itu.

Lauterpacht menyebut kasus ini merupakan aksi sewenang-wenang sebuah negara yang lebih besar, kuat dan kaya melawan negara kecil, bahkan salah satu termiskin di dunia. 

"Aksi semacam ini tidak mencerminkan tingkah laku sebuah negara yang mematuhi aturan hukum internasional. Perilaku mereka saat ini jelas telah melanggar," ungkap Lauterpacht.