Warga China Kini Lebih Suka Beri Angpau Lewat Rekening Bank

Para pemudik di stasiun Shanghai, China, jelang imlek
Sumber :
  • REUTERS/Carlos Barria
VIVAnews - Sebuah survei yang diadakan bulan Desember lalu oleh perusahaan Avanti Research Partner, menemukan fakta bahwa lebih banyak warga China yang mengirim angpau dengan cara transfer melalui bank. Sebanyak 58 persen responden yang menerima remitansi di China mengatakan mereka memilih untuk dikirimi uang angpau langsung ke akun bank mereka ketimbang diberikan dengan menggunakan amplop berwarna merah. 
SKK Migas: Komersialisasi Migas Harus Prioritaskan Kebutuhan Dalam Negeri

Harian Hong Kong, South China Morning Post, Jumat 31 Januari 2014 melansir lebih banyak pria ketimbang wanita yang menerima angpao melalui jalur online. Lebih dari separuh pria dari 672 responden menerima uang angpao melalui telegram. 
Parkir Cuma Sebentar, Mobil Ini Ditagih Rp48 Juta di Tangerang

Sementara hanya sepertiga wanita yang menerima uang angpao dengan cara ditransfer. Sisanya lebih memilih menggunakan metode manual. 
Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Dari hasil survei itu juga ditemukan fakta sebanyak 47,9 persen publik China menyatakan angpao atau "Lai See" dalam Bahasa Kanton dan "Hong Bao" dalam Bahasa Putonghua sebagai remitansi terbesar yang mereka terima selama Imlek. Dana lainnya yang diterima publik yakni biaya hidup sebanyak 45,7 persen dan berbagai uang sebagai hadiah ulang tahun, alat mandi bagi bayi dan pernikahan. 

Hasil survei ini diperoleh setelah mewawancarai 672 responden yang tinggal di ibukota provinsi dan prefektur. Jenis remitansi yang ditanyakan Avanti Research Partner termasuk uang yang diberikan oleh anggota keluarga dan majikan. 

Hasil survei ini dipublikasi tidak lama setelah sebuah perusahaan yang memproduksi aplikasi WeChat, Tencent, mengeluarkan sebuah fitur baru. Dalam fitur tersebut, memungkinkan 600 juta pengguna aplikasi WeChat untuk mengirimkan angpau menggunakan aplikasi tersebut. 

Tidak seperti cara pengiriman uang konvensional melalui bank, pengguna aplikasi WeChat akan menerima dana angpau menggunakan akun bank yang telah terhubung dengan profil WeChat mereka. 

Aplikasi sangat digemari penggunanya. Sebagai bukti hanya dalam kurun waktu 24 jam pertama diluncurkan pada Jumat pekan lalu, total dana sebanyak 18 juta Yuan atau Rp36 miliar telah dikirimkan menggunakan aplikasi tersebut. 

Dengan cara mengirimkan dana angpau melalui metode ini, turut memiliki efek samping yang positif yaitu dapat melindungi alam. Apabila menggunakan amplop merah, maka lebih banyak pohon yang ditebang sebagai bahan untuk membuat amplop itu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya