Ini Identitas Pemenggal Wartawan Amerika

James Foley di Northwestern University's Medill School of Journalism tahun 2012
James Foley di Northwestern University's Medill School of Journalism tahun 2012
Sumber :
  • REUTERS/Tommy Giglio/Northwestern University/Handout via Reuters
VIVAnews - Pemerintah Inggris kini tengah memburu pemenggal wartawan Amerika Serikat, James Wright Foley, yang diduga merupakan warga mereka. Laman Dailymail, Rabu, 20 Agustus 2014 melansir kendati belum ada pernyataan resmi dari Pemerintah Inggris soal identitas pelaku, namun pemenggal Foley merupakan salah satu pejuang jihad yang dikenal dengan sebutan "The Beatles". 

Dia diketahui salah satu agen operasional yang dipercaya pada awal tahun ini sebagai negosiator pertukaran sandera. Mantan sandera yang pernah ditahan meyakini, pembunuh James merupakan warga London dan dikenal dengan nama "John". 

Mantan sandera yang tidak disebut namanya oleh Dailymail itu mengaku pernah ditahan di kota Raqqa, Suriah. Dia menyebut John sebagai sosok yang pintar, terdidik, dan pengikut ajaran Islam radikal. 

Masih menurut pengakuan mantan sandera itu, pria tersebut juga dipanggil dengan sebuatan "John" oleh tawanan lainnya. Sementara rekan sesama pejuang Islamic State of Iraq and al-Sham (ISIS) lainnya menyebut dia "The Beatles" karena berasal dari Inggris.