Telah Lama Hilang, "Saudara Nessie" Ditemukan

Ichtyyosaur
Sumber :
  • Reuters
VIVAnews
Penggalian Lokasi Situs Majapahit Dinilai Langgar UU
- Pertama kali dilaporkan terlihat pada abad ke-6 dan beberapa kali di masa modern, seekor reptil mirip lumba-lumba yang diperkirakan hidup 170 juta tahun lalu di laut sekitar kepulauan Skye, Skotlandia, disebut kembali ditemukan.

Patung Sepasang Kekasih Masa Majapahit Ditemukan Warga

Dia kerap disebut sebagai saudara Nessie, monster laut yang juga menjadi legenda bagi masyarakat Skotlandia. Namun berbeda dengan Nessie yang hidup di danau (Loch) Ness, reptil yang diidentifikasi sebagai ichthyosaur hidup di perairan sekitar kepulauan Skye yang hangat.
Gundukan Tanah Diduga Kuat Situs Leluhur Raja-raja Jawa


Dilansir dari
Daily Mail
, Senin, 12 Januari 2015, ichthyosaur adalah reptil laut yang memiliki tubuh seperti lumba-lumba dan dapat memiliki panjang hingga 14 kaki atau lebih dari empat meter. Beberapa fragmen fosil reptil itu telah ditemukan dalam 50 tahun terakhir.


Tim palaeontologi Universitas Edinburgh, telah mempelajari fragmen yang berasal dari ichthyosaur dan satu spesies lain yang belum diketahui, disebuet sebagai Dearcmhara shawcrossi, yang memiliki bentuk tubuh seperti kadal.


Nama shawcrossi diberikan untuk menghormati pemburu fosil, Brian Shawcross, yang menemukan framen fosil mahluk laut itu di Teluk Bearrearaig, pada 1959. Sebagian wilayah kepulauan Skye berada di bawah permukaan laut, selama masa jurasik.


Skye merupakan satu dari sedikit tempat di dunia, di mana fosil dari mahluk-mahluk jaman jurasik dapat ditemukan. Ilmuwan meyakini temuan merupakan petunjuk berharga, tentang bagaimana reptil-reptil laut berevolusi.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya