PM Turki Samakan Netanyahu dengan Penyerang Paris

Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu
Sumber :
  • Reuters

VIVAcoid - Perdana Menteri (PM) Turki Ahmed Davutoglu, menyamakan PM Israel Benjamin Netanyahu dengan teroris yang melakukan penyerangan di Paris, pekan lalu.

Keluarga Aylan Kurdi Kecam Charlie Hebdo

Menurutnya, baik Netanyahu maupun teroris Prancis, melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Dikutip Reuters, Kamis 15 Januari 2015, Davutoglu dalam konferensi pers mengatakan pengeboman Gaza oleh Israel, serta serangan terhadap konvoi kapal bantuan Turki ke Jalur Gaza pada 2010, sama dengan serangan di Paris yang menyebabkan 17 orang meninggal.

Komentar itu menambah perang kata-kata di antara kedua negara yang pernah bersekutu itu. Pemerintah Turki ikut mengecam serangan Charlie Hebdo, tetapi juga memperingatkan meningkatnya fobia Islam di Eropa, berpotensi meningkatkan ketegangan.

Davutoglu juga mengikuti aksi di Paris, bersama dengan sejumlah pemimpin Eropa seperti PM Inggris David Cameron da Kanselir Jerman Angela Merkel, yang disebutnya sebagai sebuah aksi menentang terorisme.

"Sama seperti pembantaian di Paris dilakukan oleh teroris merupakan kejahatan terhadap kemanusiaan. Netanyahu, sebagai kepala pemerintahan yang membunuh anak-anak saat sedang bermain di pantai, telah melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan," ujar Davutoglu.

Serangan Israel pada konvoi kapal bantuan kemanusiaan menewaskan 10 warga Turki, menyebabkan pemutusan hubungan diplomatik dan militer antara Turki dan Israel.


Simak Juga:


Tampilkan Satir Aylan Kurdi, Charlie Hebdo Tuai Kecaman


Keluarga MH370 Kecam Kartun Menjijikkan Charlie Hebdo

(asp)

Polisi Prancis di kantor majalah Charlie Hebdo yang dibom.

Ratu Rania Sindir Charlie Hebdo

Charlie Hebdo menggambar Aylan Kurdi dewasa sebagai pria yang cabul.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2016