Paus Siapkan Gelar Orang Suci kepada Junipero Serra

Umat Katolik Filipina menyambut Paus Fransiskus di Manila, 16 Januari 2015.
Sumber :
  • REUTERS/Paul Barker
VIVA.co.id
Paus Mempermudah Pasangan yang Ingin Bercerai
- Pemimpin umat Katolik se-dunia, Paus Fransiskus, bakal menetapkan Junipero Serra, misionaris yang membawa iman Kristen ke Amerika Serikat (AS) pada 1700an, sebagai santo. Peneguhan ini akan dilakukan PausĀ  dalam kunjungannya ke Kota Philadelphia, AS, September mendatang.

Paus: Konten Pornografi Merusak Jiwa

"Pada September saya akan mengkanonisasi Junipero Serra di AS," kata Sri Paus di dalam pesawat, dalam perjalanan dari Sri Lanka ke Manila, dikutip dalam laporan
Cameron Tak Setuju Ada Batas Kebebasan Berbicara
Reuters , Jumat, 16 Januari 2015.


Paus akan berkunjung ke Philadelphia untuk pertemuan keluarga Katolik dunia. Melakukan upacara kanonisasi di AS, membuka kemungkinan bahwa Paus Fransiskus juga akan berkunjung ke bagian barat AS, di mana Serra bekerja sebagai misionaris.


Serra yang lahir di pulau Majorca, Spanyol, pada 1713, pergi ke Amerika pada pertengahan abad ke-18 dan memimpin salah satu misi pertama Franciscan di California. Dia tiba dan tinggal di San Diego pada 1769.


Serra meninggal dalam misi di Carmel dekat Monterey, pada 1784. Jalan yang dilalui Serra, kini telah menjadi Jalur Bebas Hambatan Hollywood, yang dikenal juga dengan julukan El Camino Real.


Uskup Agung Los Angeles Jose Gomez mengatakan tidak ada rencana resmi bagi Paus untuk mengunjungi California, tapi banyak umat Katolik yang mengharapkannya. Paus Fransiskus mengatakan Serra telah dianggap sebagai orang suci selama berabad-abad.


Oleh karena itu dia melewati peraturan Gereja, yang mengharuskan adanya mukjizat kedua bagi seseorang untuk ditetapkan sebagai santo. (ren)





Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya