Kapal Tug Tenggelam di Tiongkok, 1 ABK WNI Tewas

Sumber :
  • Reuters/Yonhap
VIVA.co.id - Sebuah kapal tug bernama JMS Delta dilaporkan tenggelam pada Kamis, 15 Januari 2015 di Sungai Yangtze, Tiongkok. Menurut informasi dari kantor berita Reuters, Sabtu, 17 Januari 2015, otoritas Tiongkok menyebut 22 ABK tewas. 
Ini Identitas ABK WNI yang Tenggelam di Tiongkok

Di dalam kapal tersebut terdapat 8 ABK asing yang terdiri dari 4 warga Singapura, dan masing-masing 1 warga yang berasal dari Indonesia, Malaysia, India dan Jepang. Pada saat tenggelam, kapal diketahui mengangkut 25 ABK. Sisa 3 ABK lainnya diketahui berasal dari Tiongkok dan diketahui selamat. 
Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Stasiun berita Channel News Asia melaporkan kapal JMS Delta, terdaftar dibuat di Singapura dan tengah melakukan uji coba ketika tenggelam, di area Jingjiang, kota Taizhou bagian timur Provinsi Jiangsu. Menurut keterangan salah satu ABK asal Tiongkok yang selamat, Wang Chenkai, dia dan insinyur asal Jepang tengah memeriksa mesin ketika kapal tiba-tiba miring. 
Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

"Air tiba-tiba langsung memenuhi badang kapal," ujar Wang. 

Sebuah foto yang diambil dari media pemerintah Tiongkok hanya menunjukkan bagian lambung kapal yang masih mengambang di permukaan air. Tim penyelamat hingga saat ini tengah berupaya mengangkat kapal. Semua jasad ABK yang meninggal telah ditemukan. 

Menurut pejabat provinsi kapal itu tengah melakukan uji coba tanpa melalui prosedur yang seharusnya. Mereka juga tidak melaporkan kondisi kapal saat itu. 

Kapal tug seberat 368 ton dibuat oleh perusahaan Anhui Bengbu Shenzhou Machinery Co. Ltd. pada Oktober lalu. Pada Jumat kemarin, anak perusahaan pembuat kapal Singapura, Jurong Marine Services Pte Ltd, berencana untuk menyewa kapal tersebut saat proses uji coba.

Baca juga: 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya