Ini Jasa-jasa Almarhum Raja Abdullah Bagi Arab Saudi

Raja Arab Saudi Abdullah
Sumber :
  • REUTERS/Zainal Abd Halim/Files

VIVA.co.id - Rakyat Arab Saudi berduka atas meninggalnya Raja Abdullah bin Abdulaziz pada Jumat dini hari waktu setempat. Di usia yang sudah 90 tahun, Abdullah sudah lama mengalami gangguan kesehatan dan terakhir menderita radang paru-paru.

Menjadi raja sejak 2006, almarhum turut berperan membawa perubahan sosial dan ekonomi bagi Saudi, yang dikenal sebagai raksasa produsen minyak dunia. Dikenal berbicara halus dan berpenampilan kalem, Abdullah lahir di istana ayahnya, Raja Abdulaziz Ibnu Saud pada 1924, ungkap Kedutaan Besar Saudi di Washington DC, seperti dikutip kantor berita Reuters.

Abdullah sebenarnya sudah menjadi pemimpin de facto Saudi sejak 1995 saat pendahulunya, mendiang Raja Fahd, mulai terkena stroke. Bagi kalangan diplomat asing, dia dikenal sebagai pemimpin yang taat dan konservatif serta tidak melupakan nilai-nilai suku Bedouin.    

Selama memerintah Saudi, Abdullah berupaya mengangkat perekonomian dan perubahan di negaranya dengan meliberalisasi ekonomi untuk menstimulus pertumbuhan sektor swasta. Dia tidak ingin perekonomian Saudi selalu tergantung pada pemerintah.

Di sektor politik, Abdullah dikenal membawa perubahan dengan membentuk suatu dewan keluarga kerajaan agar suksesi kepemimpinan bisa berlangsung teratur tanpa menimbulkan konflik. Itulah sebabnya, begitu Abdullah wafat, penggantinya sudah disiapkan.

Dia adalah Salman bin Abdulaziz Al Saud, saudara almarhum. Salman pun langsung menunjuk saudara tirinya, Muqrin, sebagai putra mahkota dan pewaris kerajaan bila dia sewaktu-waktu wafat. 

Selama memerintah Saudi, Abdullah pun memperkenalkan pemilihan bagi para anggota dewan kota. Ini membawa suasana yang demokratis bagi pemerintahan lokal di Saudi.

Perubahan sosial politik di Saudi memang tidak secepat negara-negara lain. Namun perubahan itu yang membuat Raja Abdullah menjadi pemimpin yang populer di kalangan muda Saudi, yang jumlahnya kian bertambah. Apalagi 60 persen rakyat Saudi rata-rata berusia di bawah 30 tahun.

Baca juga:

Kemlu Belum Terima Laporan WNI Pelaku Bom di Arab Saudi
Hong Kong.

10 Negara Ini Miliki Orang Kaya yang Dermawan

Mereka berasal dari bidang perbankan dan keuangan.

img_title
VIVA.co.id
12 Februari 2016