Kim Jong-un Bakal Hadiri Konferensi Asia Afrika di Bandung?

Kim Jong Un selalu mengabaikan sanksi yang dijatuhkan AS dan PBB.
Sumber :
  • REUTERS/KCNA
VIVA.co.id - Pemimpin tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un disebut-sebut akan segera mengunjungi Indonesia dalam waktu dekat. Seorang sumber di Pemerintah Korea Selatan, mengatakan Kim kemungkinan besar akan ikut menghadiri peringatan 60 tahun Konferensi Asia Afrika (KAA) yang akan diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat. 
China Tabuh Perang Terhadap 'April Mop'

Kantor berita Korsel, Yonhap, Minggu, 25 Januari 2015 melansir kesimpulan itu diambil, karena pendiri negara komunis itu, Kim Il-sung turut serta dalam perayaan 10 tahun konferensi serupa di Indonesia. Saat itu, dia disambut oleh mantan Presiden Soekarno. 
Korut Lagi-lagi Tembakkan Rudal ke Laut

Saat itu, ayah Kim, Kin Jong-il turut mendampingi Il-sung. 
Oposisi Suriah Tuding Korut Dukung Rezim Al-Assad

"Bagi Kim Jong-un, yang menjadikan Kim Il-sung sebagai panutan, maka pertemuan di Bandung akan menjadi jadwal diplomatik yang penting," ungkap sumber tersebut. 

Ketika dikonfirmasi mengenai kehadiran Kim, Kementerian Luar Negeri sebagai penyelenggara mengatakan belum menerima notifikasi resmi dari Pemerintah Korut di Pyongyang.

Juru bicara Kemlu, Arrmanatha Christiawan Nasir membenarkan bahwa Pemerintah Indonesia, turut mengundang Korut untuk hadir dalam peringatan tersebut. 

"Untuk KAA, Pemerintah Indonesia mengundang 109 kepala negara dari kawasan Asia dan Afrika. Namun, hingga saat ini, kami masih terus menanti konfirmasi resmi terkait kehadiran pemimpin dari Korut," ungkap pria yang akrab disapa Tata itu dalam pesan pendek kepada VIVA.co.id.

Sementara, kendati belum diperoleh kepastian, Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, begitu bersemangat mengetahui kotanya akan dikunjungi pemimpin kenamaan itu. Pria yang akrab disapa Emil tersebut menuliskan kesiapannya menerima kunjungan Jong-un.
Jika informasi yang disampaikan oleh sumber tersebut benar, ini menjadi debut diplomatik internasional pertama Kim, setelah memimpin Korut pada Desember 2011 lalu. Sebelumnya, belum pernah ada laporan bahwa Kim akan segera berkunjung ke luar negeri. 

Publik saat ini sedang menantikan, apakah Kim akan menjejakkan kaki di Moskow pada Mei mendatang untuk memperingati 70 tahun kemenangan Uni Soviet dalam Perang Dunia ke-2. 

KAA akan digelar di Jakarta pada 22-23 April 2015. Setelah itu, peringatan puncak akan diselenggarakan pada 24 April 2015 di Bandung.  (asp)


Baca juga: 


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya