Perempuan di Balik Kesuksesan Che Guevara Yunani

Peristera Batziana dan Alexis Tsipras
Sumber :
  • NDP
VIVA.co.id
Migran Tewas Akibat Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani
- Pemimpin baru Yunani Alexis Tsipras, saat ini memperoleh julukan sebagai Che Guevara dari Yunani. Tapi, pasangan Tsipras selama 20 tahun, Betty Batziana, yang merupakan sosialis sesungguhnya.

Kedatangan Obama ke Yunani Disambut Demonstrasi

Keduanya bertemu di SMA pada 1987 saat Tsipras belum memiliki ketertarikan sedikit pun pada politik. Batziana yang "meradikalisasi" Tsipras, mengubahnya dari seorang pemuda pencinta olahraga menjadi pemimpin politik kiri.
Yunani Akan Bangun Masjid Besar di Athena


Laman
Daily Mail
, Senin, 26 Januari 2015, menyebut Batziana yang meyakinkan Tsipras untuk bergabung dengan Pemuda Komunis Yunani pada 1990 dan memimpin aksi pelajar. Pada 1991, para pelajar Yunani menggelar protes besar menentang reformasi pendidikan.


Di usia 17 tahun, Tsipras memimpin aksi duduk di sekolah mereka, SMA Ampelokipoi, Athena. Para pelajar tinggal dan tidur di dalam sekolah selama berminggu-minggu. Pasangan itu kemudian sama-sama melanjutkan pendidikan di Universitas Teknik Nasional Athena.


Peristera Batziana dan Alexis Tsipras


Menurut para rekannya, Batziana memiliki keinginan yang kuat, militan dan dinamis. Tidak seperti perempuan pada umumnya, Batziana tidak suka menghabiskan waktu untuk ke salon atau berbelanja. Dia juga tidak suka mendapat perhatian media.


Syriza dibentuk pada 2004 sebagai sebuah koalisi komunis moderat. Tsipras menjadi pemimpin Syriza di usia 34 tahun, pada 2008, di tengah krisis ekonomi yang menghantam Yunani. Tekanan negara-negara kreditor terhadap Yunani, membuat popularitas Tsipras semakin menguat.


Peristera Batziana dan Alexis Tsipras


Yunani mengandalkan utang dari Uni Eropa dan Dana Moneter Internasional agar terhindar dari kebangkrutan, namun wajib memotong anggaran dalam jumlah besar yang mengakibatkan publik Yunani harus menderita.


Tsipras telah berjanji akan mengakhiri kesengsaraan di Yunani, dengan rencana melakukan negosiasi ulang pembayaran utang. Rencananya sejauh ini mendapat tentangan dari para pemimpin Uni Eropa, yang menekan Yunani untuk tetap memenuhi komitmen pengetatan anggaran.


Peristera Batziana dan Alexis Tsipras


(art)



Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya