Pasukan Kurdi Kalahkan ISIS di Kobani

Orang-orang berdansa merayakan kemenangan atas ISIS di Kobani, 26 Januari 2015.
Sumber :
  • REUTERS/Sertac Kayar
VIVA.co.id
Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka
- Pasukan koalisi Kurdi dan oposisi Suriah mengatakan berhasil mengambil kendali penuh atas Kobani, Senin, 26 Januari 2015. Mereka memperoleh kemenangan simbolis atas ISIS, yang telah mengepung kota di perbatasan Suriah dan Turki itu sejak September 2015.

ISIS Klaim Rampas Senjata Milik Tentara AS

Laman
Militer Mesir Klaim Tewaskan Pentolan ISIS di Sinai
Guardian menyebut kemenangan pasukan Kurdi itu menjadi kekalahan signifikan bagi ISIS, yang sebelumnya mengira Kobani akan menjadi pertempuran yang mudah, namun ternyata menjadi perang yang mahal dan mengakibatkan banyaknya militan ISIS menjadi korban.


"Setelah kampanye militer hari ini, seluruh kota Kobani kini bebas dari ISIS. YPG (pasukan Kurdi Suriah) melanjutkan operasi militer terhadap militan ISIS di desa-desa sekitar," kata Asya Abdullah, wakil pemimpin Partai Serikat Demokratik Suriah (PYD).


Pasukan Kurdi Irak atau peshmerga, turut membantu Kurdi di Suriah, setelah Amerika Serikat (AS) mendesak pemerintah Turki untuk membiarkan Kurdi Irak bergabung melawan ISIS di Kobani. "Malam ini ada perayaan kemenangan di Kobani," kata Raed Hassan dari pesmerga.


Sebuah pesan ditulis di situs resmi Kurdi, menyebut hasil yang diraih di Kobani merupakan kemenangan kemanusiaan atas teroris. Sebuah kehormatan bagi rakyat Kurdi untuk menghadapi organisasi teroris paling jahat dan mengalahkannya."


"Atas nama rakyat Kurdistan, saya berterima kasih pada pasukan koalisi untuk mendukung para pejuang Kurdi. Saya juga berterima kasih pada Turki untuk membiarkan peshmerga melintas wilayah mereka, untuk mendukung perjuangan di Kobani."


Pusat Komando militer AS menyebut sekitar 90 persen kota Kobani telah dikuasai oleh para pejuang anti-ISIS. "Pusat Komando AS memberi selamat bagi para pejuang yang berani atas upaya mereka."



Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya