Boko Haram Serang Kota Penting Maiduguri

Warga mengungsi akibat serangan Boko Haram di Nigeria
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Indonesia Kecam Bom Bunuh Diri di Kamerun
- Boko Haram menyerang dan menewaskan sedikitnya delapan orang di luar kota Maiduguri, yang akan dijadikan ibu kota dari negara Islam oleh kelompok pemberontak Nigeria itu, Minggu, 1 Februari 2015.

Hari Natal, Serangan Boko Haram Tewaskan 14 Warga Sipil

"Terjadi pertempuran hebat. Semua orang panik dan berusaha mengungsi," kata Idris Abubakar, warga Polo yang berada di luar kota Maiduguri, dikutip
UNICEF: Gerakan Boko Haram Bikin 1 Juta Anak Putus Sekolah
Reuters . Otoritas keamanan menyebut Boko Haram datang dengan beberapa truk dan sepeda motor.


Mereka menyerang dari tiga titik di sebelah barat daya dan tenggara secara bersamaan. Juru bicara pemerintah setempat mengatakan, pasukan pemerintah dibantu warga telah mendorong keluar Boko Haram di tenggara.


Pada insiden terpisah di kota Potiskum, 230 kilometer sebelah barat Maiduguri, seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan bom di luar rumah anggota parlemen, menewaskan sedikitnya 10 orang.


Menguasai Maiduguri akan menjadi kemenangan besar bagi Boko Haram, yang telah mencobanya sejak lima tahun silam. Saat ini, kelompok militan itu telah menguasai sebagian besar wilayah di sepanjang perbatasan dengan Kamerun dan Chad.


Wilayah yang berada di bawah kekuasaan Boko Haram itu bahkan setara dengan luas Belgia, membuat Boko Haram menjadi kelompok yang menakutkan seperti ISIS, yang telah berhasil menguasai banyak wilayah penting di Irak dan Suriah.


Boko Haram juga memiliki keinginan yang sama seperti ISIS, untuk mendirikan negara Islam di Nigeria. Serangan yang terjadi, Minggu, merupakan serangan kedua dalam sepekan yang telah menewaskan lebih dari 100 orang.


Awal Januari 2015, sedikitnya 2.000 orang warga sipil dibantai oleh Boko Haram, namun tidak mendapat perhatian dari media yang lebih memperhatikan penyerangan di Paris, dengan jumlah korban jauh lebih sedikit. (art)


Simak Juga:




VIVA.co.id -
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya