Tiongkok Tak Tahu Ada Tawaran Beijing Bantu Yunani

Perdana Menteri baru Yunani Alexis Tsipras
Sumber :
  • REUTERS/Alkis Konstantinidis
VIVA.co.id
Migran Tewas Akibat Kebakaran di Kamp Pengungsi Yunani
- Kementerian Luar Negeri Tiongkok pada Rabu, 11 Januari 2015, mengatakan tidak mengetahui adanya tawaran yang dibuat Beijing untuk membantu Yunani.

Kedatangan Obama ke Yunani Disambut Demonstrasi

Dikutip
Yunani Akan Bangun Masjid Besar di Athena
Reuters , Wakil Menteri Luar Negeri Yunani Nikos Chountis, mengatakan dalam wawancara bahwa Tiongkok dan Rusia telah menawarkan dukungan ekonomi pada Yunani.


"Ada beberapa proposal, penawaran, dari Rusia baru-baru ini setelah pemilu, untuk memberikan dukungan ekonomi, juga dari Tiongkok tentang kemungkinan-kemungkinan investasi," kata Chountis.


Dia menambahkan bahwa penawaran itu diajukan oleh Rusia dan Tiongkok, tanpa ada permintaan dari Yunani sebelumnya. Juru bicara Kemlu Tiongkok Hua Chunying, mengaku tidak tahu tentang penawaran bantuan.


"Kami bersedia untuk mempertahankan kerja sama dan pertukaran di semua area dengan pemerintah baru Yunani, berdasarkan pada prinsip saling menghormati dan saling menguntungkan," kata Chunying.


Tiongkok mengatakan, Januari 2015, mereka mengikuti dengan seksama kebijakan-kebijakan pemerintah baru Yunani, setelah Athena mengatakan bakal menghentikan penjualan saham mayoritas pelabuhan Piraeus.


Pemerintahan baru Yunani yang berasal dari kubu sosialis, telah berjanji akan mengakhiri kesengsaraan rakyat dengan melakukan negosiasi pembayaran utang dengan Uni Eropa (UE).


Namun, negara-negara UE terutama Jerman, telah memperlihatkan resistensi untuk memperlunak prasyarat utang, yang mewajibkan Yunani melakukan pengetatan anggaran. (art)


Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya