300 Migran Dikhawatirkan Tewas di Laut

Ilustrasi pengungsi.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Banjarnegara Kembali Longsor, 158 Jiwa Mengungsi
- Dikhawatirkan 300 orang tewas di laut pekan ini, saat berusaha mencapai Italia dari Libya dalam cuaca buruk. Demikian disampaikan badan pengungsi PBB (UNHCR), Rabu, 11 Februari 2015.

Mengungsi dari Suriah, 10 Anak Justru Tewas di Turki

Menurut laporan
Pulangkan Eks Gafatar, Kemensos Koordinasi Dinsos Daerah
Reuters , satu kapal Italia menyelamatkan sembilan orang yang berasal dari dua kapal pengungsi, Senin, 9 Februari 2015, dan membawa mereka ke Pulau Lampedusa, Rabu pagi.


Hanya mereka yang dilaporkan selamat, menyisakan lebih dari 200 orang yang tidak diketahui nasibnya. Mereka mengatakan ada kapal ketiga yang juga meninggalkan Libya, Sabtu, 7 Februari 2015.


Barbara Molinario, juru bicara UNHCR, mengatakan, kapal ketiga itu juga belum ditemukan. Pada Minggu, 8 Februari 2015, penjaga pantai Italia menyelamatkan 105 orang di laut dekat Libya.


Temperatur air laut disebut mencapai beberapa derajat di bawah nol, menyebabkan 29 orang meninggal karena hipotermia, saat penjaga pantai membawa mereka ke Italia selama 18 jam perjalanan.


Paus Fransiskus, Rabu, mengatakan bahwa dia mengikuti dengan prihatin kabar dari Lampedusa, serta akan berdoa untuk korban dan mendorong solidaritas, agar mereka yang membutuhkan dapat diselamatkan. (art)


Laporan: Mitra Angelia

Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya