Tsunami Hantui Jepang Usai Dilanda Gempa

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Pemerintah Jepang mengeluarkan adanya peringatan tsunami usai Negeri Sakura itu dihantam gempa bumi berkekuatan 6,9 skala richter. Menurut informasi dari Badan Meteorologi, ketinggian gelombang tsunaki diprediksi mencapai satu meter, dan akan menerjang bagian timur tepi pantai Iwate pada pukul 08.30 waktu setempat.

Stasiun berita Channel News Asia, Selasa 17 Februari 2015, melansir dari rekaman televisi menunjukkan bahwa sejauh ini tidak ada perubahan besar di tingkat ketinggian air laut di pinggir pantai di Miyako, bagian timur Iwate.

Gempa Besar Jepang, WNI Mengungsi di Kampus dan Masjid

Media setempat melaporkan, gempa terjadi pada pukul 08.06 di Pasifik, sekitar 210 kilometer di bagian timur Miyako, Iwate dengan kedalaman 10 kilometer.

Hingga saat ini, belum diketahui adanya laporan mengenai luka, atau korban akibat gempa bumi. Sebagian besar area tepi pantai yang kini diberikan peringatan, sempat hancur akibat gempa bumi dan tsunami di 2011 lalu. Bencana saat itu, menewaskan lebih dari 18 ribu orang dan memicu terjadinya tragedi nuklir di Fukushima.

Kota Ofunato di Iwate mengeluarkan imbauan untuk evakuasi pada waktu itu bagi 1.350 kepala keluarga. (asp)


Baca juga:



Gempa Jepang Tewaskan 16 Warga, 20 Ribu Tentara Dikerahkan
Sebuah rumah di kota Mashiki runtuh akibat gempa berkekuatan 6.4 SR mengguncang wilayah Kumamoto yang ada di bagian selatan Jepang, 14 April 2016 malam.

Peringatan Tsunami Gempa Jepang Dicabut

Data sementara, 20 tewas, 1.000 orang luka-luka.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2016