Jet Tempur Inggris Cegat Pesawat Pengebom Rusia

Jet tempur Eurofighter Typhoon milik Angkatan Udara Inggris
Sumber :
  • Wikimedia Commons / Arpingstone

VIVA.co.id - Kementerian Pertahanan Inggris (MoD) pada Rabu malam kemarin mengirimkan dua jet tempur (RAF) jenis Typhoon untuk mencegat pesawat pengebom milik Rusia yang tengah terbang di atas wilayah Cornwall. Pesawat pengebom itu diketahui berjenis Tupolev TU-95 dan kerap disebut sebagai beruang.

Harian Inggris, The Telegraph, Kamis, 19 Februari 2015 melansir, tidak menyebut jumlah pesawat pengebom Rusia yang dicegat. Tetapi, laman Dailymail menyebut total terdapat dua pesawat.

Angin Segar untuk Startup Pemula

Dua jet tempur Inggris menjemput pesawat Rusia yang tengah berada di area udara internasional dan menuju ke barat laut Inggris pada pukul 18.30 waktu setempat. Pesawat Rusia itu dikawal hingga mereka berputar ke arah selatan.

Dicegatnya pesawat pengebom Beruang ini muncul usai dua pekan sebelumnya terjadi kejadian serupa. Namun, dua pekan lalu, pesawat Rusia terbang menuju ke pulau Channel milik Inggris.

MoD di London mengatakan jet tempur Typhoon dikerahkan dari pangkalan militer Coningsby di Lincolnshire.

"Respons cepat jet tempur (RAF) jenis Typhoon dikerahkan kemarin usai pesawat Rusia diketahui terbang dekat wilayah udara Inggris. Pesawat Rusia kemudian dikawal oleh RAF hingga mereka terbang keluar dari area udara kepentingan Inggris," ujar perwakilan dari MoD.

Munculnya pesawat Rusia ini, lanjut MoD, begitu tiba-tiba. Saking geramnya, Kementerian Luar Negeri Inggris kemudian memanggil Duta Besar Rusia untuk Inggris dan memprotes munculnya pesawat militer mereka.

Sebab, kejadian serupa pernah terjadi pada bulan lalu, sehingga menganggu penerbangan sipil dan memicu Inggris untuk mengirimkan jet tempur seperti yang dilakukan kemarin.

Sementara, di stasiun televisi yang dimiliki oleh Kemenhan Rusia, menyiarkan sebuah video terpisah. Dalam video tersebut menunjukkan jet milik organisasi negara-negara Atlantik, NATO, termasuk Inggris terbang bersama pesawat pengebom Rusia.

Stasiun bernama TV Zvezda itu menyebut salah satu korespondennya berhasil mengambil gambar dari dalam pesawat pengebom yang disebut Beruang itu. Menurut laporan korespondennya, pesawat Rusia terbang di zona netral di wilayah perbatasan antara Rusia dengan NATO. Tiba-tiba pesawat itu dicegat.

Cek videonya



Akting Jadi Mafia yang Misterius, Maxime Bouttier: Aku Aslinya Cerewet
Dua pesawat jet tempur AS, F-15 Strikes Eagle saat melakukan serangan udara di Raqqa, Suriah.

AS Tarik Jet Tempurnya dari Turki

Jet tempur ini awalnya untuk membantu menjaga pertahanan Turki.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2015