Abaikan Korut, Korsel-AS Gelar Latihan Perang

Korut Kerahkan Tank Termahal di Dunia Saat Latihan Perang
Sumber :
  • REUTERS/Kim Hong-Ji

VIVA.co.id - Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS) tetap akan menggelar latihan perang selama delapan pekan, dimulai pada 2 Maret 2015, sekalipun telah mendapat ancaman dari Korea Utara (Korut).

Reuters dalam laporannya, Selasa, 24 Februari 2015, menyebut Korut selalu memprotes latihan perang tahunan yang digelar Korsel dan AS, disertai ancaman untuk melakukan serangan sebagai balasan.

Surat kabar Korut dalam tajuk rencananya, menyebut latihan militer Korsel dan AS bertujuan untuk menginvasi Korut. Pemimpin Korut Kim Jong Un, Senin, 23 Februari 2015, meminta pasukannya untuk siap bertempur.

Sementara itu, AS-Korsel dalam pernyataan bersama, Selasa, mengatakan militer Korut telah diinformasikan tentang tanggal pelaksanaan latihan perang yang akan digelar Korsel.

Pada 2013, setelah melakukan uji nuklir ketiganya, Korut mendeklarasikan bahwa perjanjian gencatan senjata yang mengakhiri perang 1950-1953 tidak sah, untuk merespons latihan militer Korsel-AS saat itu.

AS menjawab dengan menerbangkan pesawat pembom B-2 di atas semenanjung Korea, yang disebut untuk memperlihatkan kemampuan AS untuk melakukan serangan jarak jauh, cepat dan tepat dengan segera.

Latihan Korsel-AS pada 2015 akan dibagi dalam dua fase, yang berlangsung pada 2 Maret-24 April. (art)

Saingi NATO, Rusia Mulai Latihan Udara

Simak Juga:


Kapal Perang TNI AL

Angkatan Laut RI-Australia Latihan Bersama Fokus Maritim

Australia kerahkan dua kapal perang.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2015