Malaysia Bersikeras MH370 Hilang di Samudra Hindia

Pesawat Malaysia Airlines
Sumber :
  • REUTERS/Bazuki Muhammad

VIVA.co.id - Menteri Transportasi Malaysia Datuk Seri Liow Tiong Lai, Selasa, 24 Februari 2015, bersikeras mengatakan bahwa penerbangan pesawat Malaysia Airlines MH370 berakhir di selatan Samudra Hindia.

Dikutip dalam laporan Malay Mail Online, Lai menegaskan bahwa data dari perusahaan satelit komunikasi Inggris, Inmarsat, mengindikasikan MH370 terbang ke arah zona pencarian yang dilakukan saat ini.

Tapi Lai yang berkomentar, menanggapi laporan media Inggris Daily Mail, yang mengklaim bahw MH370 telah diterbangkan secara sengaja ke Antartika, tidak mengatakan menolak atau setuju atas laporan itu.

Daily Mail dalam laporannya, mengutip pendapat pakar yang meyakini bahwa pesawat milik Malaysia Airlines yang mengangkut 239 penumpang dan kru, terbang menuju Antartika.

"Pencarian masih berlanjut dan kami telah menyelesaikan 35 persen dari pencarian, di wilayah yang teridentifikasi," kata Lai dan konferensi pers. Dia menyebut Malaysia berkomitmen menemukan MH370.

Jelang peringatan setahun sejak hilangnya MH370 pada 8 Maret 2014, Lai mengatakan Malaysia masih membahas rencana dengan China dan Australia, untuk menyelenggarakan sebuah acara mengenang 239 penumpang dan kru.

Pada 29 Januari 2015, Malaysia menyatakan hilangnya MH370 sebagai kecelakaan udara, berdasarkan kriteria yang ditetapkan oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), serta bahwa semua orang di pesawat diperkirakan tewas.

Cegah Pesawat Hilang, Uni Eropa Keluarkan Aturan Baru

Simak Juga:


Mendoakan penumpang dan awak pesawat MH370 yang hilang

MH370 Diperkirakan Terjun ke Laut dengan Kecepatan Tinggi

Namun, belum terbukti apakah pilot menjatuhkan pesawat dengan sengaja.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016