Pemimpin Hindu India Dikecam karena Menuduh Bunda Teresa

Bunda Teresa
Sumber :

VIVA.co.id - Pemimpin organisasi Hindu di India mendapat kritik keras, Selasa, 24 Februari 2015, setelah menuduh bahwa Bunda Teresa melakukan pelayanan untuk mengkristenkan orang miskin India.

Dikutip laman New York Times, Mohan Bhagwat pemimpin kelompok nasionalis Hindu Rashtriya Swayamsevak Sangh, mengeluarkan tuduhannya saat pidato di televisi, Senin, 23 Februari 2015.

"Tidak ada pelayanan seperti Bunda Teresa di sini," kata Bhagwat, menambahkan bahwa ada motif di balik pelayanan biarawati yang wafat pada 5 September 1997 dalam usia 87 tahun itu.

Bhagwat menuduh mereka mendapat pertolongan dari Bunda Teresa harus berubah menjadi penganut Kristen. Bunda Teresa yang lahir pada 26 Agustus 1910 di Macedonia, menghabiskan sebagian besar hidupnya di Kalkuta.

Dia memperoleh Hadiah Nobel Perdamaian pada 1979, atas pelayanannya bagi orang-orang miskin yang menderita di India. Pernyataan Bhagwat itu dikeluarkan, kurang dari sepekan setelah pidato PM India Narendra Modi.

Modi mengecam kekerasan agama, seiring meningkatnya ancaman terhadap umat Katolik di India, dengan telah terjadinya beberapa serangan terhadap gereja-gereja.

Partai pendukung Modi, Bharatiya Janata, disebut memiliki hubungan yang erat dengan organisasi yang dipimpin Bhagwat, Rashtriya Swayamsevak Sangh yang baru-baru ini dilaporkan telah membuat beberapa Muslim pindah menjadi penganut Hindu.

Sejumlah politisi India mengkritik pernyataan Bhagwat, Selasa. Beberapa anggota parlemen dari kubu oposisi, juga telah membahas pernyataan Bhagwat itu.

Pada hari-hari pertama pelayanannya di India, Bunda Teresa bertemu dengan seorang wanita yang sekarat di jalan, lalu membawanya ke rumah sakit.

Tapi tidak ada rumah sakit yang mau menerima wanita itu, membuat Bunda Teresa menyadari bahwa tugas pertamanya di India adalah membuat sebuah tempat untuk orang-orang miskin yang sakit.

Oposisi India Kecam Tuduhan Terhadap Bunda Teresa

Simak Juga:


Presiden Korsel Beri Selamat ke Prabowo Subianto Menang Pilpres 2024: Semoga RI Lebih Makmur
Bunda Teresa

Paus Berikan Gelar Santa untuk Bunda Teresa

Bunda Teresa dianggap memiliki kemampuan untuk mendapat gelar Santa.

img_title
VIVA.co.id
18 Desember 2015