Oposisi India Kecam Tuduhan Terhadap Bunda Teresa

Bunda Teresa
Sumber :
VIVA.co.id
Paus Berikan Gelar Santa untuk Bunda Teresa
- Rapat di parlemen India ditunda sementara, Kamis, 26 Februari 2015, setelah kubu oposisi mengecam komentar yang dibuat pemimpin Hindu, tentang Bunda Teresa.

Pemimpin Hindu India Dikecam karena Menuduh Bunda Teresa

Mohan Bhagwat, pemimpin organisasi Hindu terbesar Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS), menuduh pelayanan Bunda Teresa pada orang miskin India tidak dilakukan dengan tulus.
Sosok Arj Barker, Komika yang Dihujat Gegara Usir Ibu Menyusui saat Acara Stand-Up Comedy


Dikutip dari laporan
Reuters
, Bhagwat mengatakan bahwa Bunda Teresa yang wafat pada 5 September 1997 di Kalkuta, membantu orang miskin untuk membuat mereka terpaksa menganut Kristen.


RSS merupakan pendukung utama Partai Bharatiya Janata (BJP) yang berkuasa di India. Oposisi menilai kelompok itu berusaha memicu kembali ketegangan agama, yang memiliki sejarah buruk kekerasan antar agama.


"Pertama, mereka berusaha memudarkan figur Mahatma Gandhi," kata P Rajeev, merujuk pada komentar anggota partai BJP, yang menyebut pembunuh Gandhi sebagai seorang patriot.


Telah ada sedikitnya tujuh serangan ke gereja, sejak Narendra Modi berkuasa sebagai perdana menteri, Mei 2015. Serangan dilakukan dengan penjarahan, perusakan bahkan pembakaran gereja.


Pada Rabu, 25 Februari 2015, pemerintah berjanji untuk meningkatkan keamanan pada ratusan gereja di New Delhi. Namun pernyataan Bhagwat telah memicu ketegangan di publik India.


Belum ada pernyataan resmi dari Modi maupun pejabat pemerintah lain, terkait dengan kekacauan yang disebabkan oleh komentar Bhagwat.


Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya