AS-Kuba Kembali Bicarakan Pemulihan Hubungan

supporter sambut chavez
Sumber :
  • REUTERS/Jorge Silva
VIVA.co.id
3-12-1961: AS Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Kuba
- Diplomat Amerika Serikat (AS) untuk Amerika Latin, Roberta Jacobson, bertemu dengan wakil Kuba, Josefina Vidal, di Havana untuk melanjutkan pembicaran mengenai pemulihan hubungan diplomatik kedua negara.

9-10-1967: Gerilyawan Kuba Che Guevara Tewas Ditembak

Laman Channel NewsAsia, Selasa, 17 Maret 2015, menyebut pertemuan tertutup kedua utusan adalah yang ketiga kalinya, dengan suasana yang diwarnai protes terkait sikap Washington terhadap Venezuela.
Hubungan AS-Kuba Resmi Pulih, Embargo Masih Berlaku


Ribuan orang hadir dalam acara konser, yang digelar untuk memberi dukungan pada rakyat dan pemerintah Venezuela, saat Jacobson tiba di Kuba, Minggu malam, 15 Maret.


Hubungan AS dengan Venezuela, yang merupakan sekutu kunci Kuba, semakin memanas sejak Presiden AS Barack Obama memasukkan Venezuela sebagai ancaman keamanan AS.


Langkah Obama direspons oleh Presiden Venezuela Nicolas Maduro, dengan menyebut Washington berusaha menjadi sponsor upaya kudeta terhadapnya.


Berbeda dengan dua putaran pembicaraan sebelumnya, tidak ada jadwal konferensi pers setelah pertemuan Jacobson dan Vidal. Juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Jen Psaki, mengatakan mereka ingin menghindar dari perhatian.


AS dan Kuba disebut berusaha untuk menyelesaikan beberapa isu, sebelum pertemuan negara-negara Amerika di Panama, pada 10-11 April, yang bakal dihadiri oleh Obama.


Sebelumnya Obama mengatakan, bahwa dia berharap kedua negara dapat membuka kedubes di masing-masing negara, sebelum pertemuan itu.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya