Jokowi Disambut Kaisar Jepang di Tokyo

Jokowi disambut Kaisar Jepang Akihito dan Permaisuri Michiko
Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato
VIVA.co.id
Setiap Tahun Ribuan Mahasiswa Indonesia Belajar ke Jepang
- Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana hari ini disambut oleh Kaisar Jepang, Akihito, dan Permaisuri Michiko hari ini. Sambutan ini berlangsung di Istana Kaisar Jepang di Tokyo.

Jokowi ke Silicon Valley

Menurut kantor berita
Tujuh Poin Arahan Presiden Kepada Pimpinan TNI-Polri
Reuters , Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko, selanjut mengajak Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana untuk makan siang bersama. Ini menjadi awal kegiatan resmi kunjungan kenegaraan Jokowi ke Negeri Matahari Terbit itu selama empat hari.


Senin sore Jokowi juga akan disambut oleh Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. Mereka akan membicarakan penguatan kerjasama bilateral di sejumlah sektor.


Salah satunya, kedua pemimpin itu akan menandatangani perjanjian kerjasama pertahanan. "Intinya adalah kerjasama militer, operasi pencarian dan penyelamatan korban [SAR], dan pertahanan siber," demikian ungkap surat kabar Jepang,
Yomiuri Shimbun
.


Jokowi juga berharap adanya kerjasama RI dan Jepang di bidang maritim, terutama dengan Polisi Penjaga Pantai Jepang. "Ini karena Jepang sudah berpengalaman dalam mengurus perairannya," kata Jokowi yang diwawancara oleh Yomiuri.


Setelah Jepang, Jokowi akan bertolak ke China. RI dan China pun telah menjalin kerjasama militer. Indonesia telah membeli sejumlah rudal dan perangkat militer buatan China.






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya