Menlu: Jokowi Berencana Hadiri Pemakaman Lee Kuan Yew

PM Singapura, Lee Hsien Loong, dan Presiden Joko Widodo bersama keluarga beberapa waktu silam. PM Lee akan berkunjung ke Jawa Tengah pekan ini.
Sumber :
  • Twitter/Lee Hsien Loong
VIVA.co.id
Tidak Akan Ada Lagi Pemimpin Seperti Lee Kuan Yew
- Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengatakan Presiden Joko Widodo kemungkinan akan bertolak ke Singapura untuk menghadiri upacara pemakaman kenegaraan untuk mendiang Lee Kuan Yew. Saat ini mantan Gubernur DKI Jakarta itu tengah memulai kunjungan kenegaraan ke dua negara di Asia Timur yaitu Jepang dan Tiongkok.

Lee Kuan Yew Ingatkan agar Pejabat Bersih dari Korupsi

Rencana tersebut disampaikan Retno melalui pesan pendek kepada
PM Lee: Ini Pekan yang Gelap bagi Singapura
VIVA.co.id pada Senin, 23 Maret 2015.


"Rencananya Presiden akan melayat," ungkap mantan Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda itu.


Sementara, Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto muncul dengan jawaban yang lebih pasti. Andi mengatakan Jokowi akan terbang ke Negeri Singa usai sebelumnya berkunjung ke Malaysia untuk menghadiri putri Perdana Menteri Najib Tun Razak, Nooryana Najwa pada hari Sabtu esok. Sementara, pemakaman Lee digelar pada Minggu siang.


Perdana Menteri pertama dan pendiri Negeri Singa itu menghembuskan nafas terakhir pada Senin dini hari tadi pukul 03.18 waktu setempat. Dia dirawat di ruang perawatan intensif (ICU) Rumah Sakit Umum Singapura (SGH) sejak awal Februari lalu. Namun, kondisinya terus memburuk.


Selama dirawat, Lee terus disokong dengan alat bantu pernafasan hingga akhirnya dia menghembuskan nafas terakhir pada dini hari tadi. Negarawan itu tutup mata di usia 91 tahun.


Hubungan Indonesia dengan Singapura diketahui cukup erat, mengingat kedua negara merupakan tetangga dekat. Putra Lee yang saat ini menjabat sebagai PM, Lee Hsien Loong turut menghadiri upacara pelantikan Jokowi pada 20 Oktober lalu saat diambil sumpah sebagai Presiden.


Sementara, pada November lalu, Jokowi sempat bertandang ke kediaman Lee Hsien Loong usai menghadiri wisuda putra bungsunya, Kaesang Pangarep, yang lulus sekolah di Singapura.

![vivamore="
Baca Juga
:"]






[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya