Biografi Jokowi Berbahasa Mandarin Diluncurkan di Beijing

Buku biografi Jokowi dalam Bahasa Mandarin
Sumber :
  • KBRI Beijing
VIVA.co.id
Guru Besar AS: RI Mampu Atasi Konflik Laut China Selatan
- Pada Rabu kemarin KBRI Beijing meluncurkan buku biografi Presiden Joko Widodo dalam Bahasa Mandarin. Uniknya, buku tersebut bukan ditulis oleh warga Indonesia, melainkan oleh beberapa akademisi Tiongkok.

Pengklaim China Selatan Harus Hormati Hukum Internasional

Demikian isi siaran pers yang dikirimkan oleh Kementerian Luar Negeri RI kepada
Diancam Menko Luhut, China Akui Pulau Natuna Milik RI
VIVA.co.id pada Kamis, 26 Maret 2015. Salah satu akademisi yang menulis buku tersebut bernama Profesor Xu Liping.


Penerbitan buku itu bertepatan dengan peringatan 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Tiongkok serta kunjungan kenegaraan Jokowi ke Negeri Tirai Bambu. Buku tersebut diberi judul "Dari Bantaran Kali Anyar Hingga Istana, Kisah Presiden Jokowi".


Acara diselenggarakan oleh Institut Nasional Strategi dan Social Sciences Academic Press (SSAP).


"Pembaca akan dibawa oleh penulis untuk mengenal sosok Presiden Jokowi, sejak kecil, proses perjuangan menempuh pendidikan, membuka usaha hingga menjadi seorang Presiden," tulis Kemlu.


Selain menggambarkan sosok Jokowi sebagai orang nomor satu di RI, di dalam buku itu juga menyuguhkan kepada pembaca mengenai berbagai perubahan dalam kehidupan politik, ekonomi dan sosial budaya di Indonesia. Duta Besar RI di Tiongkok, Soegeng Rahardjo menyampaikan apresiasi Xu dan penulis lainnya yang berkontribusi dalam penerbitan buku itu.


"Buku biografi ini memiliki beberapa keistimewaan, antara lain merefleksikan proses reformasi Indonesia yang semakin matang, di mana orang biasa bisa menjadi pemimpin bangsa dan bukan ditulis oleh WNI," ujar Kemlu yang menirukan kalimat Soegeng.


Dia berharap di masa mendatang, akan terus bermunculan ide-ide baru yang dapat menjembatani kepentingan kedua bangsa. Untuk saat ini, buku tersebut baru tersedia dalam Bahasa Mandarin.


Namun, di waktu mendatang, akan diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia.


![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya