Tornado Hantam Dua Wilayah AS

Ilustrasi angin topas atau tornado
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Gubernur Kentucky Minta Status Bencana Besar Usai Disapu Tornado
-  Setidaknya tiga tornado melanda Arkansas dan Oklahoma, Amerika Serikat pada Rabu, 25 Maret 2015 waktu setempat. Menurut pihak berwenang, bencana itu menewaskan satu orang dan beberapa orang lainnya luka-luka.

Tornado Kentucy: Pencarian Penyintas Digiatkan, Korban Tewas Bertambah

Dilansir dari kantor berita Reuters, tornado bergerak melalui Tulsa, wilayah di pinggiran Sand Springs dan merusak sebanyak 60 bangunan, seperti diungkapkan oleh juru bicara Kantor County Sheriff. Hujan, petir dan angin yang melanda daerah tersebut juga menghambat upaya penyelamatan.

"Kondisinya memprihatinkan," kata sang juru bicara, Mayor Shannon Clark.

Rumah mobile banyak yang terbalik dan satu orang tewas di taman rumah mobil. Tornado juga menyebabkan puluhan ribu bangunan di daerah tersebut mengalami mati listrik.

Tim medis mengatakan, setidaknya ada tujuh orang yang dilarikan ke rumah sakit daerah dakibat mengalami cedera, salah satunya berada dalam kondisi kritis.

Pihak berwenang setempat melaporkan, tornado juga menghantam sebuah studio senam yang tengah berisi sekitar 60 orang. Beruntung tidak ada korban luka-luka. Namun, sejumlah foto yang diposting ke internet oleh para netizen menunjukkan atap studi runtuh.

Tornado lain juga dilaporkan melanda daerah Moore, Oklahoma, di mana polisi mengatakan beberapa bangunan rusak dan banyak mobil juga truk yang terbalik.

Kelas dibatalkan di sekolah-sekolah di seluruh wilayah tersebut pada hari Kamis, 26 Maret 2015 karena mengalami kerusakan.

Sebuah pernyataan dari Distrik Sekolah Umum mengatakan, salah satu atap sekolah dasar dan beberapa rumah di sekitar ambruk.

Sebelumnya, pinggiran kota Oklahoma juga sempat dilanda tornado pada tahun 2013 yang menewaskan 24 orang dan melukai lebih dari 300 orang.

Tornado ketiga juga dilaporkan terjadi di laut Arkansas dan hujan es melanda seluruh wilayah, menurut pemantau cuaca.

![vivamore="Baca Juga :"]

Tornado Terjang Amerika, Puluhan Orang Dilaporkan Tewas

[/vivamore]

(ren)

Foto pernikahan Michaela Copelend ditemukan di sebuah lahan pertanian berjarak 225 kilometer setelah diunggah oleh penemunya melalui Facebook. BBC Indonesia

Foto Pernikahan yang Hilang Ditemukan 225 Km dari Tempat Asalnya

Foto pernikahan yang tertiup sejauh 225 kilometer saat tornado melanda Kentucky ditemukan kembali oleh pemiliknya setelah diunggah melalui grup Facebook.

img_title
VIVA.co.id
17 Desember 2021